Tambah 2, Jumlah Positif Covid-19 di Tuban 11 Orang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jumlah kasus terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tuban pada Minggu (10/5/2020) bertambah dua kasus baru. Kini, jumlah kumulatif positif Covid-19 di Bumi wali menjadi 11 orang.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati  membenarkan adanya 2 kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Tuban.

"Berdasarkan dari hasil Tes Swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan, ada penambahan dua kasus confirm positif covid-19 baru di Kabupaten Tuban," ujar Endah.

Dia menjelaskan, dua kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut berasal dari Kecamatan Montong dan Tambakboyo. Adapun untuk kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 dari Kecamatan Montong adalah seorang perempuan (26) yang sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUD Dr. Soetomo Surabaya pasca melahirkan.

"Setelah melewati perawatan dan diperbolehkan pulang, statusnya menjadi PDP sembuh. Tetapi dari hasil Swab yang keluar hari ini, ternyata terkonfirmasi positif, sehingga akan dilakukan perawatan dan isolasi di RS Medika Mulia Tuban sampai benar-benar dinyatakan negatif covid-19," papar Endah yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban tersebut.

Selanjutnya, untuk kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari Kecamatan Tambakboyo merupakan seorang perempuan (29). Berdasarkan dari hasil pelacakan, diduga yang bersangkutan berasal dari keluarga yang saat dilaksanakan rapid tes hasilnya reaktif positif.

"Yang bersangkutan juga akan dirawat dan diisolasi di RS Medika Mulia Tuban," imbuhnya.

Endah juga mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan serta tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang penting. Namun jika tetap harus berkegiatan di luar rumah harus tetap menerapkan physical distancing dan disiplin menggunakan masker serta cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban,  per tanggal (10/5/2020) hingga pukul 18.00 WIB  Jumlah kumulatif  ODP sebanyak 595 orang dengan keterangan sebanyak 469 orang selesai pemantauan dan 126 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 35 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh, 7 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 15 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 11 orang, terdiri dari 1 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 8 orang dalam perawatan. [hud/rom]