Serahkan APD di Tuban, La Nyalla: Masyarakat Harus Kawal Dana Penanganan Covid-19

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Matalitti, melakukan serangkaian kunjungan di Lamongan dan Tuban. Termasuk memberikan bantuan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) ke RSUD Dr R Koesma Tuban, Senin (4/5/2020).

Di sela kunjungan inilah, dia meminta agar semua elemen masyarakat bahu membahu dalam penanganan Covid-19. Tidak terkecuali adalah melakukan pengawasan alokasi anggaran Covid-19 yang tidak sedikit. Dia menyebut, anggaran ini juga rawan diselewengkan sehingga perlu dilakukan pengawasan secara bersama-sama.

"Segala kegiatan yang mengatasnamakan covid perlu dikawal. Khususnya lagi terkait dana bantuan dari pemerintah pusat, ” kata pria yang juga ketua MPW Pemuda Pancasila (PP) Jawa Timur ini.

Bahkan, di hadapan pengurus Pemuda Pancasila Tuban dia menegaskan para kader PP harus turut aktif melakukan pengawasan penggunaan anggaran Covid-19. Kalau perlu, kata La Nyalla, mereka harus menghadap ke Bupati agar bisa mengetahui secara rinci pengalokasian anggaran, terutama yang berasal dari pemerintah pusat. Sementara untuk penganggaran lokal harus dipastikan juga apakah sesuai untuk keperluan.

"Selaku Ormas kalian berhak tahu dan wajib untuk mengawasi," jelasnya.

Selama di RSUD Tuban, dia ditemui perwakilan rumah sakit agar tim medis diberi kekuatan dalam mengemban tugas. Dia juga berdoa supaya masyarakat bisa selamat selama Pandemi ini berlangsung.

Selanjutnya, La Nyalla juga berkunjung ke beberapa kecamatan di Tuban. Diantaranya kecamatan Singgahan dan Kecamatan Bangilan untuk menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat. [nid/ito]