Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Harga cabai di Pasar Baru Tuban beberapa minggu terakhir ini anjlok. Terjun bebasnya harga cabai tersebut lantaran petani cabai di wilayah Kabupaten Tuban sedang memasuki masa panen.

 

Pantauan blokTuban.com, harga komoditas cabai rawit  merah tersebut kini hanya Rp 12 ribu perkilogam. Padahal satu bulan yang lalu harganya masih sekitar Rp 40 ribu perkilogram.

 

Kemudian harga cabai rawit hijau kini hanya Rp 8 ribu sebelumnya sekitar Rp 35 ribu. Sedangkan cabai kriting kini menjadi Rp 6 ribu yang sebelumnya Rp 35 ribu perkiogram.

 

"Harga komoditas cabai beberapa minggu ini turun drastis. Karena stok cabai melimpah, sebab wilayah Kabupaten Tuban memasuki masa panen," terang salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban, Rumiyatun, Jumat (1/5/2020).

 

Dia juga menambahkan, selain harga cabai yang naik, harga bawang merah juga turun tipis dari Rp 40 ribu perkilogram menjadi Rp 35 ribu.

 

Sementara itu, penjual lain Sutomo juga mengungkapkan yang sama. Menurutnya, harga komoditas cabai saat ini turun drastis. Anjloknya harga cabai itu dikarenakan faktor stok yang melimpah karena masa panen.

 

"Harga semua jenis cabai turun, selain dikarenakan stok yang melimpah, konsumsi cabai masyarakat juga berkurang," pungkasnya.[hud/ono]