Perahu di Tuban Digulung Ombak, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebuah perahu milik nelayan di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu tenggelam dugaan digulung ombak, Senin (27/4/2020). Warga sekitar tidak mengetahui persis kapan tengelamnya perahu.

Perahu berukuran dibawah 5 Gt itu, tertambat beberapa tali. Karena kondisi cuaca kurang bersahabat, yang terlihat hanya penutup atas perahu.

Ketika reporter blokTuban.com di lokasi, perahu nampak terombang-ambing dan berada di tepi pantai. Belum ada upaya dari pemilik untuk mengevakuasi badan perahu.

"Kurang tahu kapan kejadiannya. Tiba-tiba kondisi perahu seperti itu," terang Somad warga sekitar.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritum Perak Surabaya mengeluarkan peringatan dini lima hari kedepan mulai 28 April-2 Mei 2020.

Untuk tinggi gelombang di perairan Tuban-Lamongan diprakirakan 0.20 sampai 1.25 meter. Bagi pengguna perairan khususnya nelayan dihimbau selalu hati-hati dan waspada, apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan.

"Ikuti terus informasi cuaca BMKG sebagai penunjang kegiatan masyarakat setiap harinya," tulis BMKG Maritim Perak Surabaya dalam siarannya.

Prakirawan BMKG Maritim Perak Surabaya, Arrizal R. Fatoni menambahkan untuk gelombang di perairan Tuban-Lamongan masuk kategori rendah. "Keberadaan awan Cumulonimbus (Cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang," pungkasnya. [ali/ito]