Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Hadang Pemudik di Perbatasan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Larangan mudik telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dengan tujuan meminimalisir penyebaran virus Corona (Covid-19).

Di Provinsi Jawa Timur (Jatim) sendiri, juga telah memperketat penjagaan di 9 titik akses masuk wilayah Jatim. Salah satu yang ada di Kabupaten Tuban tepatnya di Kecamatan Bancar, dimana berbatasan langsung dengan Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kasatlantas polres Tuban, AKP. Argo Budi Sarwono mengatakan, dalam operasi ketupat semeru tahun 2020 yang dilakukan selama 37 hari, dimulai dari tanggal 24 April 2020 sampai 31 Mei 2020 mendatang. Porles Tuban bersama TNI, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan melaku edukasi kepada pemudik agar mau berbalik arah.

"Selain itu, kami juga melakukan cek kesehatan dan pendataan," ungkap AKP. Argo Budi Sarwono, Minggu (26/4/2020).

Meskipun tegas namun pihaknya lebih mengkedepankan humanis serta mengutamakan unsur sapa, salam, kesopanan dan santun. Dengan tujuan agar pemudik nyaman dan dapat memahami edukasi yang diberikan.

"Sehingga, dengan sukarela mereka mau berbalik arah," ujarnya.

Ia menjelaskan, di hari ketiga puasa ini belum terlalu banyak kendaraan pemudik yang berlalu lalang. "Ini kan jalur arteri, kebanyakan pemudik yang menggunakan roda empat lebih memilih jalur tol," imbuhnya.

Ia berharap, masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan pemerintah dan juga selalu menjaga kesehatan.

"Lebih baik tetap di rumah dan keluar rumah apabila ada keperluan yang mendesak, juga selalu gunakan masker,"tandasnya. [nid/rom]