Masa Belajar di Rumah Diperpanjang Lagi Sampai Juni 2020

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban memperpanjang lagi masa belajar di rumah hingga bulan Juni 2020.

Kepala Dispendik Kabupaten Tuban, Nur Khamid mengatakan, menindaklanjuti arahan gugus tugas covid-19 Kabupaten Tuban dan surat edaran dari Gubernur Jawa Timur (Jatim) mengenai perpanjang pelakasaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona di Jatim, maka masa bekerja di rumah bagi pengawas, kepala sekolah, guru dan peserta didik diperpanjang sampai bulan Juni 2020.

"Kembali bekerja dan belajar di sekolah tanggal 2 Juni 2020 mendatang,"ujar Nur Khamid. Jum'at,(24/4/2020).

Lebih lanjut, pola pelakasaan kegiatan ramadhan pada masa kewaspadaan terhadap virus Corona, berdasarkan surat edaran dari wilayah Kementerian Agama Jatim nomer 1281 tahun 2020 ada beberapa ragam diantaranya, luring dimana peserta didik melakukan kegiatan ramadhan di rumah dengan pemantauan buku.

"Melalui buku kegiatan yang dikirim kepada peserta didik secara mandiri, serta dikumpulkan saat masuk sekolah," ujarnya.

Daring, peserta didik dapat melakukan kegiatan ramadhan di rumah dengan pemantauan yang dilakukan secara daring oleh guru PAI melalui berbagai aplikasi di internet.

"Pengawas PAI melakukan monitoring evaluasi dengan instrumen, menyesuaikan pola Kegiatan dan jenis kegiatan," imbuhnya.

Ia menjelaskan, penyerahan buku rapor dan pengambilan ijazah beserta legalisasi dapat dilaksanakan setelah masa antisipasi penyerahan covid-19 berakhir. Selain itu, kebutuhan administrasi, legalitas dan penerbitan surat keterangan kelulusan yang bersifat segera dapat dikoordinasikan oleh wali kelas.

"Dengan seizin kepala sekolah dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,"tuturnya.

Ia berharap, sekolah mengeluarkan surat larang kepada peserta didik untuk tidak melakukan konvoi, coret - coret seragam sekolah atau pun kegiatan negatif lainnya.

Kepada korwilcam bidang pendidikan untuk menyampaikan kepada Kepala KB, TK dan SD di wilayahnya,"tandasnya. [nid/ito]