Gotong Royong Warga Bersihkan Lumpur Bekas Banjir Setinggi 5cm

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Hujan deras dengan intensitas tinggi, Kamis (9/4/2020) malam kemarin, melanda sejumlah kawasan wilayah di Kabupaten Tuban. Alhasil, banjir dadakan dari anak sungai Bengawan Solo, serta kali avur di beberapa desa, memberi dampak pada masyarakat umum.

Seperti halnya yang terjadi di Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel. Usai banjir semalam, warga setpat melaporkan bahwa jalan poros utama Desa Karangtinoto tergenang lumpur akibat dari hujan lebat semalam.

Tak tanggung-tanggung, lumpur yang terbawa hujan dari sungai avur, memenuhi jalanan dengan ketinggian lumpur sekitar antara 5 hingga 10 cm di sepanjang 500 meter jalanan di Dusun Sambungrejo dan Dusun Karangasem. Jika dibiarkan, hal ini akan sangat membahayakan pengguna jalan.

"Tim BPBD Pos Rengel dibantu personel Polsek Rengel, Perangkat Desa, Satpol PP Kecamatan Rengel dan warga sekitar melakukan penyemprotan dan pembersihan jalan poros desa," ujar salah satu tim dari BPBD Posko Rengel yang ikut giat pembersihan lumpur, Didik usai dikonfirmasi blokTuban.com, Jumat (10/4/2020).

Gotong royong pembersihan lumpur dilakukan cukup lama. Mengingat tebalnya material lumpur yang terbawa banjir, penyemprotan dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga 14.30 WIB sore.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Tuban Yudi Irwanto menyampaikan, apabila terjadi banjir yang bersifat masif atau besar, diharapkan masyarakat bisa segera menyelamatkan diri dan keluarganya, serta melaporkan ke Pemerintah Desa, pemerintah Kecamatan, maupun posko BPBD.

"Sehingga kami bisa segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dihimbau juga kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, saluran-saluran air biar air bisa lancar," pesan Kalaksa BPBD Tuban. [feb/col]