LAZIS-NU  Ikut Antisipasi Penyebaran Covid-19

Reporter : Ali Imron
blokTuban.com - Antisipasi penyebaran pandemi Corona (Covid-19), LAZIS-NU Kabupaten Tuban melakukan pencegahan dengan gerakan bagi-bagi masker dan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah masjid, musala dan lembaga pendidikan, Kamis (2/4/2020).


Ketua LAZIS-NU Kabupaten Tuban, Ida Musthofa saat dikonfirmasi mengungkapkan, gerakan ini merupakan ikhtiar PCNU untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19. Gerakan ini diteruskan hingga ke tingkat MWC NU bahkan tingkat Ranting se-Kabupaten Tuban.


"Gerakan pencegahan Covid-19 kali ini sasaran utamanya adalah tempat ibadah dan lembaga pendidikan, dan ini sudah berjalan di beberapa MWC atau kecamatan. Insyaa llah minggu ini sudah merata di seluruh MWC NU,’’ terang Ida Musthofa.

Lebih lanjut pria asal Kecamatan Plumpang ini menjelaskan pihaknya mendukung sedikitnya 6000 masker. Juga bahan campuran untuk desinfektan serta stiker himbauan kepada masyarakat untuk jaga kebersihan, hidup sehat dan sering cuci tangan.

Dalam gerakan pencegahan ini pendanaan masing-masing dibiayai oleh MWC-NU. Selain itu, juga didukung Lazis-NU Cabang Tuban. Untuk masker dibagikan sekitar 250 buah per MWC, dan ada beberapa MWC juga membuat dan membagikan masker sendiri.

 

‘’Misalnya MWC Singgahan 1000 masker, Plumpang 1.500 masker, dan Parengan membuat 2.500 masker,’’ jelasnya.

Pihaknya juga berharap dengan adanya gerakan satgas pencegahan penyebaran Covid-19 ini, semakin banyak donasi yang masuk ke Lazis-NU, agar dapat digunakan di program selanjutnya. Hingga saat ini pihaknya mengaku telah menghabiskan Rp 70 juta untuk membuat masker, pembelian bahan cairan desinfektan serta membuat stiker himbauan pencegahan.

Ida juga berharap selain gerakan pencegahan ini pihaknya dapat memberikan program stimulus ekonomi, mengingat situasi seperti saat ini yang mempunyai pendapatan tidak jelas atau pas-pasan.

"Harapan kami nanti dengan keadaan seperti ini dapat memberikan bantuan berupa sembako bagi yang tidak mampu," tutupnya. [ali/ono]