Cepat Tanggap Satgas DPC PKB Tuban Lawan Pandemi Corona

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bergerak cepat dan tanggap dalam upaya membantu masyarakat dan pemerintah mencegah penyebaran pandemi corona (Covid-19). Gerakan terorganisir itu mulai dari pusat hingga wilayah dan daerah.

DPC PKB Tuban telah membentuk Satgas Lawan Covid-19 sejak pertengahan Maret lalu. Satgas dikomandoi Fahmi Fikroni, dan sekretaris Syafi’uddin di bawah tanggung jawab ketua DPC PKB Tuban Noor Nahar Hussein, dan sekretaris M. Miyadi.

Langkah PKB tanggap Covid-19 Tuban ini diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat atas upaya pencegahan dengan sembilan cara cegah corona. Diantaranya olahraga teratur, pastikan terkena sinar matahari langsung, biasakan cuci tangan, konsumsi sayuran, rempah-rempah, hindari makanan cepat saji, social distancing, hindari tempat keramaian, serta menghindari bersentuhan dengan orang asing.

Baca juga [Desa Rahayu Terima Paket Bantuan dari Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field]

Tak hanya itu, partai pemenang pemilu 2014 dan 2019 sebelumnya langsung tanggap bergerak cepat membentuk Posko PKB Lawan Covid-19 DPC PKB Tuban yang siap siaga untuk membantu masyarakat, tenaga medis dan pemerintah.

Langkah kongkritnya memberikan bantuan masker dan handsanitizer kepada masyarakat juga dilakukan setiap harinya. Partai dengan 16 kursi di gedung DPRD Tuban memberikan bantuan kepada 20 relawan untuk 20 kecamatan di Tuban.

Bentuknya dengan memberikan disinfektan beserta alat semprotnya, masker dan handsanitizer untuk disemprotkan di seluruh desa-desa.

Sekretaris DPC PKB Tuban M. Miyadi secara langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada Komandan Satgas Lawan Covid-19 PKB Tuban Fahmi Fikroni, didampingi sekretaris Syafi’uddin, yang diteruskan langsung kepada 20 relawan. Proses serah terima bantuan berlangsung di kantor DPC PKB Tuban.

Sesaat sebelumnya digelar doa bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia agar terhindar dari wabah Covid-19 serta segera tertangani dan cepat berlalu.

"Alhamdulillah, kami Satgas Lawan Covid-19 PKB Tuban memberikan bantuan kepada 20 relawan kecamatan, untuk penyemprotan desinfektan ke desa-desa," tutur Ketua Fraksi PKB DPRD Tuban dan ketua Komisi 1 DPRD Tuban sekaligus Komandan Satgas Lawan Covid-19 PKB Tuban ini, Rabu (1/4/2020).

Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang ini menambahkan, kegiatan Satgas Lawan Covid-19 PKB Tuban ini disamping penyemprotan disinfektan juga pembagian 1000 pcs bahan makanan untuk warga yang terdampak Covid-19 serta kaum duafa.

Sekretaris DPC PKB Tuban M. Miyadi mengatakan, DPC PKB Tuban peduli Covid 19 telah membentuk Gugus Pencegahan Covid 19 diketuai Fahmi Fikroni. Dan membentuk 100 orang relawan, di masing-masing kecamatan 5 orang jumlah total.

DPC PKB Tuban peduli Covid 19 telah memberikan bantuan alat penyemprot disinfektan sebanyak 20 buah disertai bahan-bahan campuran yang digunakan untuk penyemprotan.

Dan masing-masing relawan telah dibekali untuk proses penyemprotan dan penyemprotan dilakukan di wilayah rumah penduduk dan fasilitas umum termasuk musala dan masjid.

"Hal ini merupakan upaya DPC PKB Tuban untuk berperan aktif dalam pencegahan Covid-19," pungkas ketua DPRD Tuban. [ali/rom]