Cegah Penyebaran Corona, Pemdes dan Warga Kebomlati Gotong Royong Semprot Fasum

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban melakukan meningkatan kewaspadaan pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan di lingkungan desa, Senin (30/3/2020).

Kegiatan itu, dilakukan secara gotong royong oleh Pemdes, Babhinkamtibmas, Babinsa dan warga setempat. Selain penyemprotan disinfektan. Warga juga diimbau dengan mobil keliling untuk selalu waspada terhadap Covid-19 dengan menerapkan hidup bersih dan sehat.

Selain mengimbau kepada warga untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Pemdes juga telah mengeluarkan Perkades No 01 Tahun 2020 tentang pedoman umum tanggap darurat pengurangan resiko bencana pencegahan Covid-19.

"Dalam penyemprotan disinfektan ini, kita juga melibatkan relawan dan warga untuk aktif menyemprotkan disinfektan. Dan pada hari ini dilakukan serentak dan menyeluruh disetiap lingkungan dan Fasilitas Umum desa," terang Kepala Desa Kebomlati, Munijan.

Lebih lanjut, untuk pelaksanaan penyemprotan disinfektan diantaranya dilakukan di 21 Musalla, 3 Masjid, 4 Tempat Pengajian Quran (TPQ), 6 Sekolah serta 1 Balai Desa hingga di jalan desa dan permukiman warga. 

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Plumpang, Jusuf Hernowo juga menjelaskan, kegiatan penyemprotan disinfektan seluruh desa di Kecamatan Plumpang sudah selesai dilakukan. Ada 18 desa dan semua sudah melaksanakan kegiatan seperti ini.

"Terkait proses penyemprotan ini setiap desa kita dampingi dan kita data. Kita juga mendata warga yang diawasi dan selalu memberikan imbauan agar menjauhi kerumanan," pungkasnya.[hud/col]