Relawan Setiajit Bersama Warga Gotong Royong Lawan Covid-19

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Melawan pandemi Corona (Covid-19) merupakan tanggungjawab bersama. Hal itu ditunjukkan oleh relawan Setiajit bersama warga di Kabupaten Tuban, dengan cara menyemprotkan disinfektan, bagi-bagi masker, hand sanitizer, hingga sembako untuk dhuafa, Minggu (29/3/2020).

Blusukan Setiajit bersama relawannya diawali dari Pasar Sambong Gang Serut Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Kota. Melewati gang sempit, bakal calon Bupati Tuban ini menyapa warga dan berpesan untuk selalu jaga kesehatan dan kebersihan.

Tiba di area pasar desa dengan luas 20x43 meter, pria asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak ini langsung diserbu emak-emak. Ada yang meminta kalender, hingga meminta dipasangkan masker langsung oleh Setiajit.

Foto selfie pun tak luput dari incaran ibu-ibu rumah tangga ini. Mereka berterimakasih dengan kepedulian bakal calon Bupati Tuban mendatang itu.

Tampak Kepala Pasar Sambong, Soejoto juga ikut menyambut Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur ini. Sembari bercerita tentang sulitnya mengembangkan pasar karena keterbatas lahan, Setiajit mengusulkan untuk bisa dibangun pasar tradisional dua lantai.

"Ini bisa dibangun pasar dua lantai supaya lebih ramai," terang Setiajit disambung serah terima tempat cuci tangan untuk perlengkapan pasar melawan Corona.

Giliran pemyemprotan disinfektan dimulai. Sebelumnya Setiajit maupun relawannya tak lupa meminta izin kepada pemilik rumah. Jika sudah disilahkan, penyemprotan pun dimulai.

Dengan dukungan RT setempat, penyemprotan ini lebih maksimal karena pihak RT juga memiliki program serupa. Di sela itu, beberapa dhuafa yang tidak bisa bekerja diberi paket Sembako.

"Semoga bingkisan ini bisa meringankan beban belanja ya mbah," pesannya kepada nenek yang pesakitan.

Khusus hari ini, Setiajit bersama relawannya melakukan aksi sosial di empat kelurahan. Yakni Kelurahan Ronggomulyo, Doromukti, Kutorejo, Kingking Kecamatan Tuban.

Gerakan melawan pandemi Covid-19 ini dilalukan serentak di seluruh kecamatan dan kelurahan oleh relawan Setiajit gugus tugas Corona di Kabupaten Tuban. Semoga ikhtiar ini dikabulkan oleh Allah SWT, dengan memberi semua warga kesehatan.

Dukungan untuk menolak Corona ini penting, karena optimisme bisa mengalahkan virus asal Wuhan Cina. Jangan pernah takut dengan virus, tapi tetap harus waspada.

"Jika tidak perlu keluar tetap di rumah, jaga pola hidup bersih dan sehat. Yang penting setiap 15-20 menit sekali cuci tangan dengan sabun, jika jauh bisa gunakan hand sanitizer," tutup mantan PJ Bupati Jombang ini. [ali/col]