Antisipasi Covid-19, Desa Gununganyar Terapkan Physical Distancing

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) saat ini telah dilakukan oleh beberapa desa di wilayah Kabupaten Tuban.

Salah satu upaya yang dilakukan desa, diantaranya adalah dengan penyemprotan disinfektan serta menyediakan tempat cuci tangan atau Hand Sanitizer di tempat fasilitas umum desa setempat.

Hal itu juga dilakukan oleh Desa Gununganyar, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Bahkan, selain penyemprotan fasum pada Minggu (29/3/2020) ini, desa tersebut juga menerapkan Physical Distancing.

Penerapan itu ditandai dengan memberikan portal di akses masuk desa serta penyemprotan disinfektan bagi kendaraan yang datang dari luar kota.

"Mulai hari Minggu ini, berdasarkan kesepakatan musyawarah bersama tiga pilar dan warga setempat. Kita sepakat pasang portal diakses masuk desa, dan disisi portal kita sediakan tempat cuci tangan," terang Kepala Desa Gununganyar, Akhmad Ridwan saat dikonfirmasi.

Tujuan di pasangnya portal itu, agar kendaraan dari luar kota yang melintas berhenti terlebih dahulu untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan bersedia mencuci tangan terlebih dahulu.

"Kendaraan yang dari luar kota langsung kita lakukan penyemprotan disinfektan kita juga sediakan tempat cuci tangan. Hal itu sebagai langkah untuk antisipasi penyebaran Covid-19," tandasnya.

Dia juga mengungkapkan, dis etiap portal akses masuk desa di jaga oleh Linmas. Dan di portal tersebut tertera tulisan Physical Distancing Mohon Kesadaran Periksa Kesehatan Saudara serta imbauan dari desa.[hud/ito]