Pelantikan PPS Serentak, Konsentrasi Dibagi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban yang kian dekat, sejumlah tahapan demokrasi dilakukan. Seperti kegiatan pada Minggu (22/3/2020) ini, pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupetan Tuban dilantik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan mengaku jika pelantikan PPS yang rencana awalnya dijadwalkan terpusat dalam satu seremonial se-kabupetan, kini berubah dengan konsentrasi yang terbagi pada 20 titik. Yakni pada masing-masing wilayah kecamatan.

"Untuk pelantikan PPS, sesuai jadwal semula. Satu hari ini kita laksanakan," papar Fatkul Iksan saat dijumpai blokTuban.com di area kantor Kecamatan Soko pada acara pelantikan PPS se-Kecamatan Soko.

Ditambahkannya lagi, pihaknya memang sudah siap dan sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Pemerintah Daerah. Sehingga tahapan pelantikan tetap dilaksanakan meski tak dilakukan pada satu titik.

Pemecahan konsentrasi pelantikan PPS yang sebenarnya dikonsep bakal digelar serentak se-kabupaten menjadi satu, dibagi 20 titik pada masing-masing kecamatan sebab pertimbangan terlalu banyak orang. Hal itu mengacu pada pertimbangan dan antisipasi virus Covid-19 yang menjadi catatan Kejadian Luar Biasa.

"Sehingga ada 20 tempat yang dijadikan pelantikan. Mulai tadi pukul 08.00 pagi, hingga terakhir pukul 15.00 saat ini," pungkasnya. [feb/ito]