Galakkan Sosial Distancing untuk Hindari Antrean

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kepala Dispendukcapil, Rohman Ubaid menggalakkan sosial distancing sebagai akibat dari Covid-19 untuk menekan angka penularan virus corona.

Sosial distancing diterapkan untuk menghindari antrean warga yang sedang mengurus dokumen kependudukan.

Jika tidak untuk keperluan mendesak, Ubaid meminta masyarakat lebih baik mengurus dokumen Kependudukan melalui Operator SIAK yang ada di desa untuk diuruskan secara online melalui Operator Kecamatan dan Dispendikcapil.

"Hal ini untuk menghindari antrean banyak orang," terang mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab itu, Sabtu (21/3/2020).

Mantan Camat Jenu mengucapkan terima kasih kepada BPBD Tuban yang melaksanakan penyemprotan desinfektan di intansinya yang merupakan tempat pelayanan umum yang setiap harinya banyak dikunjungi masyarakat.

Sebagai tindaklanjut pencegahan Covid-19, Dinasnya telah menyiapkan tempat cuci tangan dan juga handsanitizer yang dapat digunakan oleh masyarakat yang sedang mengurus Dokumen Kependudukan.

Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, penyemprotan dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada fasilitas umum yang sering dikunjungi masyarakat. Langkah tersebut sesuai dengan petunjuk Bupati Tuban dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Tuban.

Mantan Kabag Umum Setda Tuban ini menjelaskan, bahwa BPBD bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tuban akan terus melakukan menyemprotkan cairan desinfektan ke fasilitas umun yang ada.

"Penyemprotan desinfektan akan dilakukan lagi hari senin di Lapas Kelas II B Tuban, Kantor BNNK Tuban, Kantor Kecamatan Tuban dan Area Kompi Senapan C 521 Tuban," ungkapnya.

Terkait kesediaan bahan desinfektan yang digunakan, Yudi menyatakan, sampai saat ini masih cukup, namun demikian tetap diajukan penambahan lagi oleh Gugus Tugas untuk dapat mencukupi kebutuhan di hari-hari mendatang.

"Adapun untuk kantor kecamatan se-Kabupaten Tuban penyemprotan desinfektan dilakukan mandiri bekerjasama dengan Puskesmas setempat," pungkasnya. [ali/rom]