19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cegah Corona, Masyarakat Diharap Tunda Urus Dokumen Kependudukan

bloktuban.com | Thursday, 19 March 2020 19:00

Cegah Corona, Masyarakat Diharap Tunda Urus Dokumen Kependudukan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Menindaklanjuti surat edaran dari Bupati Kabupaten Tuban dan Dirijen Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mencegah penyebaran virus Corona, Sekretaris Daerah (Sekda) mengimbau kepada masyarakat untuk menunda sementara pengurusan dokumen kependudukan secara offline atau datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban jika tidak mendesak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengatakan, untuk mengurangi kapasitas kerumunan pelayanan di tempat pelayanan Disdukcapil Kabupaten Tuban, maka kepada masyarakat diimbau untuk menunda sementara pengurusan dokumen kependudukan secara offline.

"Diperbolehkan datang apabila mendesak," ungkap Budi Wiyana, Kamis,(19/3/2020).

Lebih lanjut, jika pengurusan dokumen kependudukan tidak bersifat mendesak tersebut, maka masyarakat dapat mengurus melalui petugas operator SIAK desa dengan sistem online untuk diteruskan ke operator SIAK Kecamatan dan operator SIAK Disdukcapil Tuban.

"Yang meliputi KK, KTP, akta lahir dan kematian," ungkapnya.

Ia menjelaskan, permohonan yang dikirim dari desa atau kecamatan melalui online ke Disdukcapil akan diverifikasi dan diterbitkan dokumen selambat - lambatnya sampai dengan empat hari jam kerja.

"Dapat diambil oleh petugas SIAK desa atau kecamatan dengan membawa berkas asli permohonan," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk menjamin kelancaran jaringan dalam rangka pelayanan online ditingkat desa atau kecamatan tersebut, Disdukcapil akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Tuban.

"Apabila terdapat kerusakan atau trobel pada jaringan diharapkan segera melapor ke Disdukcapil," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid mengatakan, peraturan tersebut mulai diberlakukan hari ini dan ia berharap kepada masyarakat untuk mentaati peraturan tersebut.

"Mohon kerjasamanya demi kebaikan bersama," tandasnya. [nid/col]


Tag : Pemkab, corona, antisipasi, disdukcapil



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat