BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi 4 Meter

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Para nelayan dan pengguna jasa transportasi laut dihimbau waspada terhadap potensi gelombang tinggi di Kabupaten Tuban, Kamis (5/3/2020).

Peringatan ini dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak Surabaya. Gelombang tinggi terjadi dua hari mulai 5-6 Marer 2020.

"Untuk wilayah perairan Tuban-Lamongan dan Laut Jawa Bagian Selatan Bawean ketinggian gelombang berkisar 2,5-4,0 meter," terang Prakirawan BMKG, M. Arif Wiyono.

Pihaknya mengharap masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap fenomena, akibat cuaca buruk tersebut. Selalu pantau informasi yang dikeluarkan BMKG.

Sebatas diketahui, gelombang tinggi ini terjadi adanya pusat tekanan rendah (1008 hPa) di Samudrw Hindia Barat Bengkulu dan Samudra Hindia selatan Jawa Timur. Kondisi ini menyebabkan gelombang tinggi pada Perairan barat Lampung, hingga selatan Jawa Tengah. Selain itu, berdampak pada Samudra Hindia barat Bengkulu hingga selatan Jateng.

Untuk pola angin Indonesia bagian utara umumnya dari utara-timur dengan kecepatan 5-20 knot. Sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari barat-utara dengan kecepatan 5-35 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudra Hindia barat Lampung, hingga selatan Jabar, dan Laut Jawa bagian Barat. "Keberadaan awan Cb menyebabkan kecepatan angin dan gelombang tinggi," tandasnya. [ali/rom]