Ternyata RSUD Koesma Tuban Pernah Tangani SARS

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - RSUD Dr. R. Koesma Tuban ternyata pernah menangani kasus SARS. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus varian Corona. SARS di dunia medis dikenal lebih mematikan disbanding corona.

 Karena alasan inilah, RS milik pemkab Tuban ini ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai rumah sakit rujukan menangani pasien terinfeksi virus Corona. Selain alas an lain yang mendukung.

 Ada tiga ruangan yang disediakan rumah sakit milik Pemkab ini, dua ruang untuk dewasa dan satu untuk pasien anak-anak. 

Bersama tim dokter penanganan virus Corona, Direktur RSUD Koesma Tuban, Saiful Hadi menjelaskan Tuban menjadi rujukan pasien khususnya di wilayah Barat dan utara Jawa Timur. 

"Kami siap melayani jika memang terdapat pasien terjangkit virus corona di wilayah Pantura dan Bojonegoro, serta daerah perbatasan Jatim-Jateng," terang Dokter Saiful kepada blokTuban.com usai mengecek kesiapan ruang isolasi beserta instalasi alatnya, Selasa (3/3/2020). 

Selain RSUD Koesma Tuban, lanjut mantan Kepala Dinkes rumah sakit lain di Jawa Timur yang ditunjuk sebagai rujukan penyakit yang diakibatkan corona virus ini diantaranya yaitu RS dr. Soetomo, RS Saiful Anwar, RS Soebandi, RS Djatikoesoemo, RS Pare, RS Blambangan, dan RS Soedono Madiun.

"Penunjukan RSUD dr. R Koesma salah satunya adalah karena faktor geografis, dimana Tuban termasuk perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah," sambungnya.  

Alumnus Unair Surabaya menambahkan penunjukan RSUD dr. Koesma Tuban sebagai rujukan pasien corona karena pernah menangani pasien penyakit SARS yang hampir serupa dengan Corona. 

Beserta jajaran manajemen, Saiful telah siap dengan membentuk tim, yang dalam waktu dekat ini akan menggelar simulasi pengananan pasien yang terjangkit virus corona. 

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang. Masyarakat diharapkan menerapkan pola Perilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun, pola makan sehat, kalori cukup, protein cukup, vitamin cukup dengan makan buah-buahan berwarna yang mengandung anti oksidan untuk kekebalan tubuh dan. Sekaligus menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

"Bagi masyarakat yang sakit atau mengalami gejala-gejala penyakit kami berharap untuk segera menghubungi petugas kesehatan terdekat, atau langsung ke RSUD," tandasnya. [ali/ono]