BPBD Basmi Sarang Tawon di Nguruan



Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam mengantisipasi bencana serangan tawon yang sempat meresahakan warga beberapa waktu lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban begitu sigap membasmi sarang tawon jenis Vespa Avinis yang dikenal punya sengatan beracun yang membahayakan.

Seperti halnya giat pembasmian sarang tawon yang dilakukan oleh setiap Tim Posko BPBD Tuban, Senin (2/3/2010) pagi tadi. Ketika mendapatkan laporan dari Hartoyo, Kasi Trantib Kecamatan Soko, bahwa terdapat sarang tawon, tim lekas bergegas menuju lokasi.

"Dapat laporan adanya sarang tawon di rumah Mastur, warga Desa Nguruan RT 04 RW 02 Kecamatan Soko," Kata Rizki, anggota BPBD yang saat itu ikut dalam evakuasi sarang tawon.

Sarang tawon yang bermukim bagan atap luar kediaman Mastur tersebut, langsung ditangani dengan cara pembakaran disertai penyemprotan dengan water canon. Hal ini dilakukan agar tawon yang bersarang di atap rumah bisa terbakar habis. Di samping itu, untuk mencegah kebakaran jikalau api merambat ke atap kayu pemilik rumah, dilakukanlah penyemprotan air usai pembakaran.

"Alhamdulillah, Tim Posko BPBD Rengel berhasil mengevakuasi sarang tawon tersebut bersama Trantib Kecamatan Soko tanpa hambatan berarti," pungkasnya. [feb/ito]