Antisipasi Bencana, Masyarakat Rengel Tanam Rumput Vetiver

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Memasuki musim penghujan pada awal tahun 2020 ini, sejumlah upaya dilakukan untuk melestarikan lingkungan, agar bencana alam bisa diminimalisir dan ditanggulangi. Untuk itu pula digelar kegiatan bersama tanam bibit rumput vetiver di area rawan banjir Kecamatan Rengel, Jumat (21/2/2020) pagi tadi.

Penanaman bersama bibit rumput vetiver oleh Kasdim 0811 Tuban, Mayor Arh Teguh Prastiyo Wasis, dilakukan bersama Forkopimda Kabupaten Tuban di lokasi rawan banjir dan longsor yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel.

Giat penanggulangan bahaya bencana alam ini, selain dihadiri pihak TNI AD, juga dihadiri oleh banyak kalangan. Mulai dari pelajar, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemerintah Kecamatan Rengel, Polsek setempat, serta Pemerintah Desa Tambakrejo. Para peserta tanam rumput vetiver atau akar wangi ini, tampak antusias.

"Program kegiatan ini adalah salah satu bentuk program dari Pemerintah Pusat, yang mana tanaman rumput vetiver ini ditujukan kepada daerah yang rawan dengan bencana banjir dan tanah longsor," ujar Kasdim Kodim 0811 Tuban Mayor Arh Tegus Prastiyo Wasis.

Dijelaskan lagi, rumput ini bisa berfungsi sebagai pengikat tanah yang mempunyai panjang akar hingga 5 meter. Kasdim Kodim 0811 Tuban juga menyampaikan harapan dari Presiden Ir. H. Joko Widodo, agar semua wilayah bisa membudidayakan rumput vetiver.

"Agar bisa ditanam secara meluas di wilayah daerah yang terkena bencana. Karena dengan adanya tanaman rumput vetiver ini, tanah bisa terikat oleh akar rumput vetiver tersebut," tandasnya.

Sementara itu, Sidekan, Kepala Desa (Kades) Tambakrejo mengaku begitu terkesan dengan program penanam rumput akar wangi yang menyasar wilayah desanya.

"Rumput vetiver akan sangat berguna sekali buat warga Desa Tambakrejo, karena Desa Tambakrejo adalah desa yang dikelilingi oleh bengawan, dan selama ini juga sudah banyak tanah kita yang menjadi korban longsor ke Bengawan. Jadi, kami sangat terkesan sekali dengan adanya bantuan rumput vetiver tersebut. Akan sangat bermanfaat bagi Desa Tambakrejo," terang Sidekan. [feb/col]