Hujan Deras, Lingkungan ini Terendam



Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Hujan deras yang mengguyur area perbukitan Tuban selatan siang ini, merendam sejumlah lingkungan desa sekitar perbukitan. Seperti yang nampak di Dusun Blokan, Desa Nguruan, Kecamatan Soko ini.

Dari penuturan warga setempat, hujan yang terjadi sekira pukul 12.00 WIB selepas Dzuhur tadi merendam ruas jalan penghubung ke Desa Gununganyar. Tak ayal, seketika itu pula warga berbondong bekerja bakti.

"Hujan cukup deras, ditambah air kiriman dari gunung (Gununganya) meluber ke lingkungan sini. Gorong-gorong nggak bisa namun, langsung kita kerja bakti," ungkap Ghoni, salah seorang warga setempat kepada blokTuban.com, Selasa (15/1/2020).

Dijelaskan lagi, warga gotong royong dengan alat seadanya membersihkan saluran air atau gorong-gorong yang sempat tersumbat, sebab menampung curah hujan yang demikian lebat.

"Alhamdulillah gak begitu lama sudah surut. Memang wilayah sini setiap hujan deras pasti banjir," pungkasnya.

Hal senada juga dipaparkan oleh Zainal. Banjir bandang dari perbukitan kerap menyapa Desa Nguruan, dan terus mengalir hingga ke Desa Kebonagung sampai merendam jalanan lingkungan desa tersebut.

"Gorong-gorong kurang besar. Kalau hujan, sampah ikut hanyut dan nyumbat di saluran. Ya, harapannya segera ditangani, biar gak banjir terus kalau hujan lebat," ungkap warga yang rumahnya sempat kemasukan air banjir tersebut. [feb/ito]