Lapas Tuban Rintis Pembinaan Kemandirian WBP

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Tuban berkunjung ke Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban. Kunjungan itu dalam rangka merintis kerja sama untuk pelatihan keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tuban.

Pada kesempatan itu, Kalapas Kelas II B Tuban, Siswarno mengungkapkan saat ini Lapas Tuban tengah fokus memberikan pembinaan di bidang agrobisnis, manufaktur, dan jasa.

"Kami ada pelatihan meubel, laundry, penjahitan, dan elektro. Untuk yang jahit, kami punya baru dan fokus memproduksi tas berkat,” jelas Siswarno, Rabu (12/2/2020)

Lebih lanjut, dia menjelaskan untuk jumlah WBP di Lapas Tuban yang direncanakan mengikuti pembinaan kemandirian ada sebanyak 140 WBP yang mana pada pelatihan tersebut ada sebanyak tujuh item kegiatan pelatihan.

"Program tahun ini keterampilan WBP yang bersertifikat 140 WBP dan tujuh kegiatan. Jadi, per kegiatan ada 20 orang,” imbuh Kalapas.

Sementara itu, Kepala BLK Tuban Siswanto, menyampaikan ada banyak pelatihan kerja yang ditawarkan. Kendati begitu dia menyarankan pelatihan servis AC untuk WBP karena mudah dan memiliki pangsa pasar yang luas.

"Kami sarankan, salah satunya service AC, karena  cepat dalam belajar dan bisa langsung mandiri,” tandas Kepala BLK Tuban.

Diketahui, dalam kegiatan itu Kalapas Tuban juga didampingi oleh Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kepala Sub Seksi Keamanan. Dari hasil pertemuan tersebut diharapkan dapat berlanjut pada perjanjian kerja sama antar dua instansi.[hud/lis]