RSUD Koesma Fasilitasi Medical Ceck Up Jurnalis

Reporter : Ali Imron


blokTuban.com - Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2020, RSUD dr. R. Koesma Tuban bekerjasama dengan Ronggolawe Press Solidarity (RPS) menggelar bhakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi insan pers, Selasa (11/2/2020).

Medical ceck up yang dipusatkan Graha Aryo Tejo Jalan Pramuka itu, diikuti sekitar 42 jurnalis elektronik, siber, maupun cetak.

Dalam sambutannya, Direktur RSUD Koesma, Saiful Hadi menuturkan baksos ini telah mendapat persetujuan dari Bupati Tuban. Semoga hasilnya teman-teman wartawan sehat semua.

"Jika sehat jasmani rohani, tentu wartawan dalam bertugas dapat berjalan dengan baik," ujar Saiful di aula RSUD Koesma.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan ini, menganggap jurnalis merupakan mitra kerja dari RSUD. Merekalah yang mendapat informasi dari masyarakat, kemudian disampaikan ke manajemen untuk meningkatkan pelayanan.

Ketua penasehat Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) ini juga berharap kerjasama yang apik ini terus terjalin. Karena RSUD butuh dukungan jurnalis, baik soal pelayanan hingga publikasi inovasi kesehatan.

Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan RSUD, karena sudah memfasilitasi pemeriksaan kesehatan gratis ini. Alasan baksos ini, karena profesi jurnalis rentan terjangkit penyakit.

"Baik stres, tekanan psikis, maupun penyakit lainnya," sambung Khoirul Huda.

Dijelaskan, baksos ini juga menjadi rangkaian kegiatan HPN 2020 RPS. Pada 8 Maret 2020 juga ada kegiatan jalan sehat, santunan yatim, donor darah dan pembagian bibit tanaman di GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban.

"Kalau karyawan RSUD ada rejeki lebih, kami terbuka untuk menyalurkan santunan kepada 200 anak yatim," tandasnya.

Perlu diketahui, cek kesehatan bagi jurnalis ini meliputi, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium mencakup gula darah, kolesterol, dan asam urat. Apabila ditemukan kelainan, akan dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut di lain waktu. [ali/ono]