Musrenbang, Jenu Usung 3 Isu Strategis

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kecamatan Jenu telah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di pendopo kecamatan setempat, Kamis (6/2/2020). Lebih dari 30 peserta dari berbagai elemen hadir dalam Musrenbang kecamatan ini.

Musrenbang dibuka langsung oleh Camat Jenu, M. Maftuchin Riza. Dalam sambutannya Camat Reza berharap partisipasi aktif dari seluruh peserta demi kemajuan Kecamatan Jenu.

Di kesempatan yang sama, anggota DPRD Tuban dapil 5 dari Kecamatan Jenu, Fahmi Fikroni juga memberi paparan singkat. Roni yang merupakan Ketua Fraksi PKB DPRD menegaskan, setiap isu yang dibahas di Musrenbang hari ini harus diperjuangkan di Musrenbang Kabupaten.

"Tim Kabupaten terdiri Bappeda dan OPD terkait juga memberi pemaparan usulan Musrenbangcam disusul penentuan perwakilan delegasi Kecamatan Jenu pada Musrenbang kabupaten," tutur Camat Jenu kepada blokTuban.com.

Mantan Camat Bangilan itu menambahkan, ada lima delegasi Kecamatan Jenu di Musrenbang kabupaten. Terdiri dari Camat, Kasi PMD Kecamatan, Perwakilan Kades (Kases Tasikharjo), Perwakilan tokoh masyarakar (Murtadlo), dan Perwakilan Perempuan (Siti Asiyah).

Dilanjutkan dengan verifikasi usulan kegiatan oleh tim pada tempat yang telah disediakan, mulai dari meja A sampai meja F ditempatkan di ruang pertemuan Kecamatan Jenu.

"Selama beberapa jam pembahasan forum sepakat mengusung tiga isu strategis," imbuhnya.

Usulan yang mendapat sorotan forum terkait pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagaimana usulan ini merupakan investasi di masa depan. Butuh banyak waktu, tenaga, hingga biaya untuk menyiapkan SDM unggul Kecamatan Jenu.

Penyiapan SDM unggul ini salah satunya untuk menghadapi era industri 4.0, dan tantangan global yang serba digital. Selain itu, menangkap peluang dari berdirinya proyek kilang minyak patungan Pertamina-Rosnef Rusia.

Usulan kedua yaitu kawasan wisata. Selain potensi pertanian, Kecamatan Jenu memiliki garis pantai yang ciamik. Tanjung Awar-awar menjadi maghnet bagi wisatawan, salah satu yang berkembang wisata Pasir Pantai Putih di Desa Remen, pantai di Desa Sugihwaras, Desa Jenu termasuk mangrove centre Tuban dan pantai di Desa Socorejo.

Sedangkan usulan terakhir peningkatan infrastruktur. Seiring dengan pembangunan SDM yang unggul, infrastruktur juga tidak boleh tertinggal. Dengan infra yang mencukupi, maka roda ekonomi di 17 desa akan saling terhubung.

"3 usulan ini semoga memberi manfaat bagi masyarakat Jenu," tandasnya. [ali/ col]