Klub Binaan Semen Gresik dan Pelajar Tanam Pohon Produktif

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Sepanjang 3.800 meter bantaran sungai yang ada di wilayah Kecamatan Merakurak menjadi target penghijauan. Bantaran sungai yang akan ditanam pohon produktif seperti alpukat, klengkeng dan durian itu  melintasi Desa Tuwiri Wetan, Desa Tuwiri Kulon, dan Desa Senori Kecamatan Merakurak.

Penanaman secara simbolis diadakan hari ini, Rabu (5/2/2020) di Lapangan Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak. Kegiatan dilaksanakan PT Semen Indonesia bersama perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas  PUPR, Forkopimcam dan siswa sekolah setempat.

"Kami akan ikut acara menanam ini dengan gembira," kata Eli Hendrik (11), siswa kelas 5 SDN Tuwiri Kulon kepada blokTuban.com. Hendrik datang bersama guru dan 10 siswa lain. Bergabung dengan beberapa siswa sekolah dasar lain dari Kecamatan Merakurak.

“Kegiatan ini muncul karena adanya potensi lahan pasif di bantaran (sepanjang) sungai tersebut belum dimanfatkan secara optimal,” terang, Direktur Keuangan Semen Gresik, Muhammad Supriyadi, saat memberi sambutan sebelum acara penanaman dimulai.

Penghijauan bantaran sungai ini diikuti lebih kurang sebanyak 300 orang yang tergabung dalam klub-klub binaan Semen Indonesia dan pelajar di sekolah yang berada di Kecamatan Merakurak. Sejumlah 5 sekolah yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, yaitu SDN Sabonggede I, SDN Tuwiri Kulon I, SDN Tuwiri Wetan I, SDN Senori I dan SMPN 1 Merakurak yang masing-masing mengikutsertakan 10 siswa dan 1 guru pendamping. 

Supriyadi sendiri berharap, siswa yang dilibatkan di kegiatan ini kelak bisa mengenang kegiatan ini saat dewasa. Bahkan bisa meneruskan aktivitas penghijauan seperti yang dilakukan hari ini.[nid/col]