Kapolres Nanang Dimutasi ke Polda Metro Jaya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menerbitkan Surat Telegram Nomor ST/385/II/KEP./2020, ST/386/II/KEP./2020, ST/387/II/KEP./2020, ST/388/II/KEP./2020, Senin (3/2). Sejumlah perwira di Polda Jawa Timur termasuk Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono dimutasi.

Kapolres Nanang dipindahtugaskan ke Polda Metro Jaya menjadi Wadirsamapta. Posisinya digantikan AKBP Ruruh Wicaksono yang saat ini menjabat Kapolres Madiun.

Nanang dimutasi di Tuban pada 18 April 2018, menggantikan Kapolres AKBP Sutrisno. Sebelumnya Nanang yang lahir di Bojonegoro ini sempat bertugas sebagai Kasubdit 3 Jatanras Reskrimun Polda Jateng.

Slogan andalan Nanang yakni 5 K. Semua anggota harus berpikir "kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif, dan keterbukaan". Menjabat hari pertama, Nanang langsung terjun di insiden ambrolnya jembatan penghubung Kecamatan Widang, Tuban dan Babat, Lamongan.

Nanang juga tercatat sebagai Kapolres Tuban pertama yang paling banyak melumpuhkan penjahat dengan timah panas/peluru. Sudah tak terhitung berapa kaki pelaku kejahatan yang merasakan ketegasan Kapolres ini.

Selain Kapolres Tuban, dalam surat telegram juga berisi mutasi Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto akan menjabat sebagai Kapolres Madiun menggantikan AKBP Ruruh Wicaksono, yang bergeser ke Tuban. Sedangkan untuk jabatan Kapolres Probolinggo sendiri akan digantikan oleh AKBP Ferdy Irawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tangerang Selatan.

AKBP Alfian Nurrizal yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Jember, diangkat jadi Wakapolres Metro Bekasi, Polda Metro Jaya. Sebagai penggantinya Kapolres Jember akan diisi oleh AKBP Aris Supriyono, yang saat ini menjabat Kapolres Brebes Polda Jawa Tengah.

Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto, diangkat dengan jabatan barunya sebagai Wadiresnarkoba Polda Kalsel. Sebagai penggantinya akan dijabat oleh AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, yang sebelumnya menjabat Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho diangkat dalam jabatan baru sebagai Direskrimum Polda Riau. Dan akan digantikan Kombes Pol Sumardji, yang sebelumnya menjabat sebagai PS Wadir Polairud Polda Metro Jaya.

Kapolres Bondowoso AKBP Febriansyah diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirkrimsus Polda Jawa Barat. Sebagai gantinya AKBP Erick Frendiz, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat Polda Metro Jaya.

Sementara Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolrestabes Bandung Polda Jawa Barat. Dan posisinya diganti AKBP Hendri Umar, yang sebelumnya menjabat Kasubbag Bungkol Spripim Polri. [ali/ito]