296 Penggalang Pramuka Berlomba Sandi hingga Videografi

Reporter : Ali Imron
blokTuban.com - Bupati Tuban Fathul Huda membuka Giat Prestasi Penggalang ke-IV se-Jatim tingkat Penggalang tahun 2020, Sabtu (01/02/2020). Acara dipusatkan di di SMA Bahrul Huda Tuban.

 

Kegiatan ini dihadiri juga Kepala Kwarcab Bojonegoro, Lamongan, dan Tuban, dan Pengurus Kwarcab Tuban serta dewan guru SMA Bahrul Huda. Kegiatan yang diadakan dua tahun sekali, kali ini diikuti 128 penggalang putra dan 168 penggalang putri dari Bojonegoro dan Lamongan.

Fathul Huda menyampaikan, Pramuka menjadi wahana pembentukan karakter siswa yang melatih kepemimpinan, kerjasama, solidaritas, mandiri, dan keberanian. Berkegiatan Pramuka akan membina spiritual, sosial dan intelektual anggota Pramuka.

Tidak hanya itu, kepramukaan menjadi penyeimbang kegiatan pembelajaran dalam kurikulum formal di sekolah. Pramuka akan membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi sikap dan perilaku.

"Pada titik ini, kebijakan Pramuka menjadi ekstrakulikuler wajib di sekolah untuk mewujudkan pendidikan karakter," ungkapnya.

Bupati Huda menekankan agar anggota Pramuka senantiasa mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Selain itu, juga merawat jiwa nasionalisme, cinta tanah air sebagai salah satu cara mengisi kemerdekaan.

Anggota Pramuka diharapkan terus mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya. Sehingga akan menciptakan berbagai inovasi yang lahir dari kreativitas yang tidak berhenti.

Pada Giat Prestasi Penggalang kali ini anggota Pramuka akan berlomba di sejumlah pertandingan berkaitan dengan kepramukaan. Di antaranya tali temali, sandi dan morse, kreasi semaphore, dan videografi. [ali/ono]