Senam Bareng Songsong Kilang Minyak di Sumurgeneng

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tuban bersama warga melakukan senam bareng, menyongsong pendirian kilang minyak di Lapangan Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Diprakirakan total peserta mencapai 8.000 orang.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Noor Nahar Hussein mengatakan, kegiatan kali ini untuk nenyamakan tujuan bersama. Bentuknya jalan santai dilanjutkan senam aerobik dan makan nasi yang dibungkus daun jati.

"Kita ingin mendekatkan antara pimpinan di Tuban dan warga. Sekaligus menyukseskan program pemerintah mendirikan Kilang Tuban yang dikerjakan oleh Pertamina dan Rosneft," tutur Noor Nahar, Jumat (17/1/2020).

Politisi asal Rengel ini menambahkan, tujuan kilang didirikan di Jenu untuk memenuhi BBM di Indonesia. Saat ini kebutuhannya 1,5 juta bph yang bisa disuplay Indonesia hanya 750 ribu bph.

Dengan adanya kilang di sini, lanjut Wabup dua periode, Indonesia ke depan tidak lagi impor. Selain itu, Pemkab juga menjamin tidak ada warga Sumurgeneng disengsarakan dan dirugikan.

"Komitmen dari Pertamina, pekerja kilang minimal yang bisa dikerjakan warga semuanya dari Sumurgeneng," imbuh Ketua DPC PKB Tuban.

Kegiatan ini juga menjadi media atau sarana menjelaskan sebuah kebersamaan menyongsong kilang minyak di Kecamatan Jenu. Diucapkan terimakasih dengan diadakannya kegiatan ini bisa mendekatkan TNI-Polri, Pemkab dan warga.

Camat Jenu, M. Maftuchin Riza mengapresiasi kegiatan yang juga dihadiri Pertamina Surveyor Indonesia. Untuk kebersamaan sudah pas, tapi untuk efektif sasarannya harus ditingkatkan lagi.

"Tadi yang ikut senam dan jalan santai juga banyak dari pemilik lahan," sambung mantan Camat Bangilan ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Tuban, Dandim 0811, Forkopimcam Jenu, dan kades sembilan desa di sekitar kilang minyak. [ali/rom]