Jelang Pilkada 2020, Bupati Tuban Mutasi 295 Pejabat

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Menjelang Pilkada 2020, Bupati Tuban, Fathul Huda melantik dan mengambil sumpah 295 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengisi jabatan Pimpinan Pratama, Administrator, Pengawas dan Jabatan Fungsional di lingkungan Pemkab Tuban di Pendapa Kridho Manunggal, Selasa (7/1/2020) malam.

Prosesi pelantikan disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Wakil Bupati Tuban, Sekretaris Daerah, pimpinan OPD, dan Camat se-Kabupaten Tuban.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban mengungkapkan, pelantikan malam ini menjadi wujud kerja keras dan tidak ingin menunda-nunda pekerjaan. Mengingat Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI (SK Mendagri RI) terkait jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban diterima di hari yang sama.

"Tadi pagi SK sudah diterima, langsung malam harinya jadi esok hari bisa langsung kerja," ungkapnya.

Lebih lanjut, pelantikan ini untuk mengisi kekosongan jabatan serta penyegaran pada beberapa unit kerja OPD. Mereka yang dilantik telah memenuhi kualifikasi dan persyaratan yang ditetapkan.

Bupati asal Montong ini menerangkan, seluruh pejabat harus secepatnya beradaptasi dengan regulasi dan kultur budaya kerja di unit masing-masing. Setiap OPD memiliki perbedaan karenanya harus segera menyesuaikan diri.

"Siap-siap menghadapi masalah dan menyelesaikannya," ungkapnya.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menerangkan, saat ini ASN sebagai tenaga guru di Tuban masih minim karena banyak yang pensiun. Salah satunya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Di samping itu, konsep pendidikan juga harus memiliki terobosan dan lompatan untuk mengejar prestasi dan meningkatkan kualitas SDM.

"Karakter anak harus dioptimalkan dan dikembangkan sehingga memunculkan individu yang kreatif dan inovatif," tuturnya.

Untuk diketahui, sejumlah pejabat yang dilantik terdiri dari pejabat eselon II terdiri dari 2 orang, yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yaitu Drs. Rohman Ubaid; Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Tuban yaitu Drs. Joko Sarwono.

Sedangkan untuk posisi Camat Merakurak yaitu Breddy Arianto, M.AP., dan Camat Tambakboyo yaitu Hery Subagiyo, SH., MM. Selain itu, juga dilantik 219 Kepala SD dan 43 Kepala SMP. [ali/rom]