Lewat Pantura, Coba Rujak yang Khas dari Pesisir Tuban

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Apabila anda melalui jalur pantura, khusus di Kabupaten Tuban pastikan untuk mampir dan mencoba menu khas pesisiran yaitu, rujak pesisiran.

Salah satunya, yang ada di Jalan Panglima Sudirman tepatnya di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban. Penjual rujak, Musidah (45) atau orang - orang bisa menyebutnya mbak dah, sudah berjualan rujak kurang lebih sekitar 8 tahun yang lalu.

"Dulunya jualan mie,  terus iseng coba jualan rujak, karena disini belum ada yang berjualan,"ungkap Musidah. Minggu, (5/1/2020)

Berawal dari keisengan tersebut, ia tak pernah menyangka, hampir diseluruh masyarakat Tuban menjadi pelanggannya. Bahkan, pemain club sepak bola kebanggaan masyarakat Tuban yaitu Persatu juga menjadi pelanggan tetapnya.    "Pemain Persatu sering datang kesini,"imbuhnya.

Ia menambahkan, yang membuat cita rasa rujaknya berda dari tempat lainnya,  terdapat pada kuah petisnya yang ia buat sendiri. Dari ikan segar serta ditambah bumbu rahasia lainnya dan dimasak selama semalam.

"Masaknya harus lama, agar keluar sari pati ikannya,"ungkapnya.

Harga rujaknya pun sangat terjangkau anatara Rp. 6000 ribu samapai Rp. 7000 ribu untuk yang menambah kacang, dalah sehari ia bisa memperoleh omzet anatara Rp. 100 ribu sampai Rp.200 ribu. dari hasil berjualan rujak tersebut, pada tahun lalu ia dapat membangun sebuah rumah.  "Alhamdulillah, tahun lalu dapat membangun rumah,"tandasnya. [nid/ito]