Keren...! Penerangan Stadion Bumi Wali Menuju Standart Internasional

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Warga Kabupaten Tuban harus bangga dengan fasilitas Stadion Bumi Wali Tuban (SBWT). Karena pusat latihan olahraga yang berada Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding ini kualitas lampu penerangannya melampaui standart nasional dan sedang menuju internasional.

"Hanya kurang 28 buah lampu lagi," kata Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Zaenal Maftuchin saat ditemui reporter blokTuban.com di komplek SBWT, Sabtu (28/12/2019).

Zaenal menambahkan, jumlah lampu di SBWT yang siap digunakan untuk event olahraga malam hari saat ini ada 104 buah. Sedangkan total target lampu yang terpasang nantinya ada 152 buah, atau 1.060 lux ketika semua sudah selesai terpasang.

Sebenarnya, lampu yang bisa dipasang di stadion ini bisa mencapai 180 buah lampu dengan satu lampu berdaya 1.000 watt. Karena sekarang sudah ada 4 tiang setinggi 43 meter, yang masing-masing tiang didesain bisa dipasang sampai 45 buah lampu.

"(saat ini) sistem penerangan dengan lumen lampu sebesar 1.060 lux. Sehingga penerangan SBWT sudah melampaui taraf nasional karena standar ISL Liga 1 rata-rata 800 lux. Jadi sebenarnya sudah menuju taraf internasional karena standart FIFA adalah 1.200 lux," imbuh Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban.

Zaen sapaan akrabnya juga menyebut, polemik di Garuda berimbas pada lampu yang berlisensi Jerman ini. Beberapa waktu lalu, puluhan lampu sempat diperiksa bea cukai bandara dan saat ini masih ada yang sedang perjalanan pengiriman.

Lampu yang bergaransi lima tahun asal Jerman ini total biayanya Rp11,9 miliar. Sedangkan untuk yang pintu, jendela, dan paving menelan anggaran Rp3,8 miliar. 

Diketahui, uji coba lampu telah digelar pada Jumat (27/12) malam dan akan dipakai event perdana, yaitu Bupati Cup 2019 yang mempertemukan Merakurak dan Tambakboyo nanti malam pukul 19.00 Wib. [ali/dy]