Didepan Ribuan Guru PAUD, Pemkab Sampaikan Peran Penting Bentuk Karakter Anak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 4000 guru yang tergabung dalam Himpaudi, IGTKI dan IGRA se-Kabupaten Tuban mengikuti Seminar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan tema di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Rabu (18/12/2019).

Seminar dengan tema 'Peran Ibu Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Di Era Milenial' menghadirkan pemateri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Hj. Uum Suminar dan Yopi Yafrin.

Kegiatan yang digelar setiap tahun oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban ini turut dihadiri oleh Bunda PAUD Kabupaten Tuban, Hj. Qodiriyah Fathul Huda, Staf Ahli Bupati, Asisten Administrasi Umum, Dewan Pendidikan serta Camat se-Kabupaten Tuban.

Dalam sambutanya, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan, dan Pembangunan, Kartono menyampaikan pendidikan PAUD memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, PAUD merupakan masa yang tepat untuk menanamkan Character Building atau pendidikan karakter.

Menurutnya, upaya meningkatkan kualitas pendidikan  terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Salah satunya dengan mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA) yang selaras dengan program Kabupaten Tuban.

 “Pada pendidikan PAUD ini, guru atau Bunda PAUD tidak diperkenankan memberikan materi tentang analisis kritis maupun materi yang membebani pikirannya," kata Kartono.

Selain itu, proses pembelajaran di PAUD juga harus sesuai tahapan pendidikan d isetiap jenjang. Dengan begitu akan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di masa mendatang.

Dia juga mengingatkan agar para guru atau tenaga pendidik PAUD menjadi Role Model atau pencontohan dari anak didik selain orang tuanya. Oleh sebab itu, tenaga pendidik harus memberi tauladan yang baik dan luhur.

"Kami menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan rutin ini. Semoga membawa manfaat yang signifikan terhadap pendidikan di Bumi Wali,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban, Nur Khamid  memaparkan, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan PAUD dan Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Hal ini sesuai dengan arahan dari Bupati dan Wakil Bupati Tuban.

Selain itu, guna mewujudkan pendidikan tri pusat pendidikan, uakni Pendidikan Dari Keluarga, Pendidikan Dari Masyarakat, Pendidikan Dari Pemerintah pihaknya terus berupaya meningkatkan pendidikan dengan mengusung tema Sekolah Ramah Anak yang Tercatat sebanyak 1161 PAUD, 580 SD dan 92 SMP.

"Capaian ini mengantarkan Tuban memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten dengan Sekolah Ramah Anak terbanyak di tingkat nasional," terang Nur Khamid.

Sekadar diketahui, pada kegiatan seminar ini juga diadakan undian Doorprize berangkat umroh untuk tiga orang tenaga pendidik, serta banyak hadiah doorprize lainnya.[hud/ito]