Cadangan P1 Migas PEP Capai 104 Persen

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - PT. Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP) terus berupaya menjaga cadangan Minyak dan Gas (Migas). Hal itu untuk mempertahankan ketahanan energi tanah air.

President Director PEP Nanang Abdul Manaf menuturkan, hingga November 2019, tercatat volume sisa cadangan P1 atau cadangan yang sudah terbukti (proven) Migas mencapai 758 MMBOE. Untuk mempertahankan cadangan tersebut, PEP berupaya optimalkan seismik dan eksplore sumur.

"Kinerja yang tercatat hingga November mencapai 104 persen," jelas Nanang di acara Pertamina EP Media Gathering 2019 di hotel Tentrem, Yogyakarta, Rabu (18/12/2019).

Kepada peserta gathering, Nanang menjabarkan, hingga November 2019 PEP telah melakukan survey seismik 2D sepanjang 484 km (159 persen). Selain itu, untuk seismik 3D baru mencapai angka 85 persen.

"Selama sebelas bulan kita catat capaian seismik 3D telah mencapai luasan 469 kilo meter persegi," ulasnya panjang lebar.

Ditegaskan Nanang, tantangan mempertahankan cadangan Migas tidak mudah. Pihaknya mengklaim terus mengejar angka konsumsi yang gapnya dengan produksi kian menurun.

"Harapan kita bisa turunkan gap. Karena kita harus punya ketahanan energi demi eksistensi bangsa," pungkasnya. [rof/col]