5 Cara Mengatasi Keriput di Area Bawah Mata

Reporter: -

blokTuban.com - Keriput yang muncul pada wajah merupakan salah satu mimpi buruk bagi setiap perempuan. Untuk itu, tak heran jika banyak perempuan rela melakukan berbagai perawatan untuk mencegah munculnya kerutan pada wajah, terutama pada area mata.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan adalah facial atau treatment anti-aging menggunakan alat-alat canggih hingga suntik kolagen. Namun ternyata untuk mencegah munculnya keriput, ada beberapa perawatan mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang tepat serta cara pengaplikasian skin care dengan benar.

Untuk tahu lebih lengkap seputar cara mengatasi keriput yang muncul di area mata, berikut kumparanWOMAN telah merangkum beberapa tahapan yang bisa Anda terapkan dalam beauty routine sehari-hari. Apa saja?

Gunakan retinol

Salah satu kandungan yang bisa mengurangi keriput pada wajah adalah retinol. Retinol sendiri merupakan kandungan turunan dari vitamin A. Menurut Renee Rouleau, seorang ahli estetika asal Austin, Texas, retinol dapat menstimulasi metabolisme sel-sel kulit dan mendorong produksi kolagen. Seperti yang sudah kita ketahui, kolagen bisa membuat kulit menjadi lebih kenyal dan lembut. Lalu mengapa kolagen begitu penting untuk kulit? Sebab jika produksi kolagen pada kulit kurang, keriput dan garis-garis halus akan bermunculan.

“Retinol bisa menyerap masuk ke dalam lapisan kulit. Dan jika dikombinasikan dengan enzim tertentu, retinol bisa berubah menjadi tretinoin (sebuah acid dari vitamin A yang biasa disebut dengan retinoic acid). Selain itu, menggunakan produk yang mengandung retinol dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, bintik-bintik coklat, garis, kerutan, dan pori-pori besar pada wajah. Salah satu unggulan dari retinol adalah kemampuannya melapisi kembali tekstur kulit untuk tampilan yang lebih halus dan lebih kencang,” tutur Renee Rouleau seperti dikutip dari Byrdie.

Gunakan pelembap di area mata

Menurut dermatologi Lily Talakoub, MD, FAAD, dari McLean Dermatology Center dari Amerika Serikat, tidak ada krim mata yang bisa bekerja efektif untuk mengatasi keriput sebab krim mata tidak melembapkan area mata secara maksimal. Untuk itu, menurutnya penting bagi kita para Ladies untuk mulai menggunakan pelembab di area mata. Dalam hal ini, pelembab yang memiliki formula kelembapan ekstra dapat membantu krim mata mengurangi keriput di area mata.

Kunci kelembapan kulit dengan minyak alami

Lily Talakoub juga mengingatkan bahwa kelembaban kulit adalah kunci utama untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput di area mata. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah gunakan minyak alami untuk  mengunci pelembap yang sudah digunakan agar kelembapannya bisa bertahan lama. Sebab minyak akan mengunci air-air dalam sel kulit sehingga kulit tidak mudah mengalami dehidrasi. Gunakan minyak alami secara rutin tiap malam setelah menggunakan moisturizer.

Jangan pernah lupa memakai sunscreen

Selain melindungi kulit dari bahaya sinar UV, kandungan SPF pada sunscreen juga bisa membantu mengurangi tampilan keriput pada wajah, termasuk di area mata.

Tak hanya itu, selain perubahan warna dan muncul dark spot pada kulit, paparan sinar matahari juga bisa membuat kolagen pada lapisan kulit menipis. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kolagen merupakan salah satu kandungan penting yang bisa membantu mengatasi tanda-tanda penuaan. Jadi jika kulit Anda tidak memiliki banyak kolagen, maka keriput akan mudah muncul.

Gunakan skin care dengan gentle

Setelah melakukan empat perawatan di atas, Ladies juga harus memperhatikan cara pengaplikasian skin care maupun makeup pada wajah. Coba biasakan untuk menggunakan jari-jari tangan untuk menepuk-nepuk halus skin care maupun makeup dalam setiap pemakaian, jangan ditarik atau diusap.

“Jangan menggosok, menggaruk, atau menyentuh area mata. Sebab menarik mata saat menggunakan soft lens saja bisa membuat kelopak mata mengendur. Orang-orang yang sering menggosok matanya akan memiliki banyak kerutan di area mata,” ungkap Lily Talakoub.

*Sumber: kumparan.com