Berdayakan Ekonomi Santri, Bacabup ini Tawarkan Koperasi Pesantren

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bakal Calon Bupati Tuban, Agus Maimun akrab disapa mas Maimun dikenal dekat di kalangan pesantren milenial hadir dalam Haflah ke-32 Maulidiyah dan Haul ke-2 pendiri pondok pesantren PPM Daruttauhid Al Hasanyyah, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.

Acara Maulidiyah dan haul yang dirangkai dengan gelaran salawatan. Bacabup tersebut duduk berdampingan dengan anggota DPRD Tuban, Achmad Husam putra pengasuh PPM Al Hasanyyah, Alm. KH Nasiruddin Qodir.

Di atas panggung para tamu nampak kidmat melantunkan puji - pujian yang ditujukan kepada Nabi umat Islam Muhammad SAW. Bersama Al Habib Anis Bin Idrus Syahab dan Al Habib Alwi Muhammad Al Habsyi sholatawan dikumandang dihadapan para tamu undangan.

Selesai mengikuti acara, Bacabup Maimun mengatakan pesantren milenial merupakan mitra setrategis dalam pembangunan daerah. Selain itu, pertimbangan dalam melangkah kebiasannya meminta arahan kepada tokoh ulama di lingkungan pesantren.

"Pesantren merupakan miqot perubahan salah satunya ada di lingkungan pesantren sini," ucapnya seusai menghadiri haflah di PPM Alhasanyyah, Minggu (24/11/2019).

Selain pesantren sebagai mitra, ulama dan santri adalah miqat perubahan dalam sudut pandang toleransi meramu pancasila, nasionalisme dan pesantren sebagai titik pijak perjuangan.

Karena itu, sebagai miqat merubahan salah satu gagasan ide ditawarkan terhadap pesantren pendidikan vokasi berbasis kebutuhan pasar global kedepan.

"Pesantren sebagai mitra pemerintah pemberdayaan ekonomi umat bagi santri melalui koperasi pesantren (kopentren) akan kami tawarkan untuk Tuban mendatang," bebernya.

Sementara, anggota DPRD Tuban, Achmad Husam mengatakan kehadiran Bacabup beserta rombongan ke ponpesnya merupakan kunjungan silaturahmi yang pertama.

"Ya kejutan bagi keluarga besar pesantren tiba - tiba salah satu Bacabup ingin berkunjung untuk mengikut haul abah," tutupnya. [ali/ito]