Tambah Pundi Uang, Cari Kerang di Pantai Cemara

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh masyarakat yang tinggal disekitar pantai utara, sepanjang pesisir laut Tuban. Salah satunya dengan mencari kerang yang bersembunyi dibalik deburan disepanjang pantai Cemara, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu.

Warga masyarakat sekitar pantai, mencari kerang diwaktu pagi dan sore hari. Di waktu tersebut, mereka berburu kerang pantai hanya dengan alat sederhana. Yakni dengan sebuah sendok makan untuk menyisir kerang dibalik pasir pantai, dan wadah plastik berukuran sedang sebagai penampungnya.

"Setiap waktu, tapi lebih seringnya pagi sama sore. Kalau sore malah rame, bisa berjejer orang-orang sini cari kerang sama-sama," ucap Lasmirah, warga Desa Sugihwaras sembari mengumpulkan kerang hasil pencariannya, Sabtu (16/11/2019).

Dalam sehari, sambungnya, rata-rata ia bisa mendapatkan 1 hingga 2 kilogram kerang dalam berat kotor. Jika dijual, per kilogram kerang yang dagingnya bersih dari cangkangnya dihargai Rp 20.000 hingga Rp 30.000 tergantung kualitas daging.

Daging kerang bisa saja diolah, dimasak dengan bumbu kare, rica-rica, oseng, maupun olahan lain, untuk dijajakan warung makan atau warung-warung dekat pantai Cemara.

"Hitung-hitung y lumayan lah hasilnya untuk nambah keuangan," lengkapnya.

Hal senada juga dipaparkan oleh Haryati, warga setempat yang juga punya usaha warung makan dekat Pantai Cemara. Seringnya ia bersama anak dan kerabat dekatnya mencari kerang dipantai, hasilnya cukup untuk menutup pemasukan warung yang minim. Sebab, pengunjung pantai belakang ini cukup sepi.

"Setiap hari, pagi dan sore cari kerang sama-anak. Lumayan, sambil nunggu warung yang sepi bisa nambah penghasilan," ungkap dia. [feb/ito]