Puting Beliung Terjang 15 Rumah dan Tempat Ibadah di Menilo Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Belasan rumah warga Desa Menilo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban tercatat porak poranda diterjang angin puting beliung. Kejadian ini bersamaan dengan bencana hidrometeorologi yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro pada Sabtu (9/11/2019) malam.

Letak Desa Menilo sendiri tak jauh dengan Kabupaten Bojonegoro, hanya terpisah Sungai Bengawan Solo. Hasil pantauan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kerusakan ringan juga terjadi di satu tempat ibadah.

"Rumah rusak ringan. Sedang Musala kanopi teras terbang hingga 15 meter dari tempat semula," terang Plt Kalaksa BPBD, Emil Pancoro ketika dihubungi reporter blokTuban.com, Minggu (10/11/2019).

Tim BPBD bersama perangkat desa langsung mendata dan mendampingi warga. Karena kerusakan bersifat ringan, warga masih bisa beraktifitas seperti semula dan belum perlu adanya bantuan paket Sembako.

Emil menambahkan, informasi dari BMKG Tuban cuaca ekstrim belakangan ini akibat peralihan musim dari kemarau ke penghujan. Oleh karena itu, masyarakat perlu memahami dan waspada akan perubahannya.

"Cek info dari BMKG dan lapor ke perangkat jika terjadi sesuatu yang membahayakan di lingkungan sekitar," pintanya. [ali/lis]