Bupati Napak Tilas Sejarah di Hari Pahlawan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Di Alun-Alun Tuban digelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2019 yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati bersama Forkopimda. Selepas itu, Bupati bersama rombongan ziarah ke sejumlah makam leluhur.

Kegiatan rutin tiap tahun ini diikuti seluruh pimpinan Sekda Kabupaten Tuban, Kepala BNNK Tuban, dan pimpinan OPD di kabupaten Tuban. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian Hari Jadi Tuban ke-726 tahun.

Adapun makam leluhur yang dikunjungi Makam Sunan Bonang; kompleks makam Ronggolawe di Kelurahan Sidomulyo; makam Bupati Tuban ke-22 Bambang Sudjono Putro Desa Boto, makam Bupati Tuban pertama, Dandhang Wacana desa Prunggahan Wetan, Makam Sunan Bejagung Lor, Desa Bejagung, Makam Brawijaya V kelurahan Gedongombo, Semanding, dan terakhir makam Ibrahim Asmoro Qondhi desa Gesikharjo, Palang.

Bupati Tuban, Fathul Huda mengungkapkan ziarah makam leluhur sebagai bentuk penghormatan dan mendoakan kepada para leluhur yang ada di Kabupaten Tuban. Sebab berkat jasa para leluhur tersebut, Tuban bisa mencapai usianya yang ke-726

Melalui ziarah makam pahlawan dan leluhur, lanjut Bupati, dapat merefleksikan perjuangan dari pendahulu yang telah berkorban demi bangsa Indonesia dan meletakkan pondasi Kabupaten Tuban. Selain itu, untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

"Serta napak tilas sejarah di Kabupaten Tuban karena bangsa yang besar adalah yang menghargai pahlawannya," ungkapnya.

Bupati Huda berharap kesejahteraan masyarakat yang merata di Kabupaten Tuban. Pemerataan kesejahteraan ini dirasa mulai dari PNS, Non-PNS, perangkat desa, dan masyarakat.

"Tidak hanya itu, juga terus meningkatkan pelayanan masyarakat yang semakin baik," tutupnya. [ali/lis]