Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Berdasarkan catatan posko kesehatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim), sudah ada 34 peserta dan official yang mengalami ganguan kesehatan, Rabu (30/10/2019).

Salah satu dokter jaga, Andre mengatakan,  berdasarkan catatan mulai hari Jumat,(25/10/2019) lalu
total sebanyak 34 peserta dan official sakit.

"Tadi pagi ada satu yang dibawa ke rumah sakit karena terpeleset," ungkap Andre.

Ia menambahkan, keluhan yang sering diutarakan adalah sakit panas, pusing dan gatal - gatal. Hal tersebut disebabkan, proses adaptasi dengan lingkungan baru. 

"Yang semula tinggal di dataran tinggi, terus tinggal di Tuban yang dataran rendah dengan suhu udara tinggi," ungkapnya. 

Ia berharap, untuk seluruh peserta, official dan panitia MTQ Jatim 2019 selalu menjaga kesehatannya dengan memperbanyak minum air putih, minimal 2 liter setiap harinya dan apabila sudah ada tanda - tanda kondisi badan kurang fit segera mendatangi posko kesehatan terdekat.

"Cuaca di Tuban, beberapa hari ini sangat panas agar tidak dehidrasi harus perbanyak minum air putih," tandasnya. 

Perlu diketahui pada MTQ Jatim tahun 2019, Kabupaten Tuban melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban mendirikan 12 pos kesehatan yang tersebar di sejumlah titik di antaranya, sekretariat, pos kesehatan ini  ditempatkan di venue-venue kegiatan.

Selain itu ada juga di Dinas Pendidikan, SMP Negeri 6, aula kantor PCNU Tuban, Universitas Sunan Bonang Tuban, SMK Negeri 2 Tuban, SMA Negeri 1 Tuban, gedung pertemuan Budaya Loka Tuban, Masjid Agung Tuban, auditorium lantai 4 SMP Bina Anak Sholeh Tuban dan di  Pendopo Krido Manunggal Tuban. [nid/col]