MTQ Jatim, Dinkes Tuban Siapakan 12 Pos Kesehatan

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, menyediakan 12 pos layanan kesehatan selama pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qu’an (MTQ) ke-28 Jawa Timur.

Tahun ini, Kabupaten Tuban menjadi tuan rumah MTQ ke-28 yang dibuka sejak Sabtu (26/10/2019) kemarin oleh Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sampai (2/11/2019) mendatang. 

Salah satu tim kesehatan, Priyo Sulistyono, mengatakan dalam mendukung layanan kesehatan kafilah tahun 2019, Dinkes menyiapkan sebanyak 36 tenaga medis yang tersebar di 12 titik venue/tempat.

"Satu mobil ambulan di tiap-tiap venue cabang lomba dengan 3 tim kesehatan terdiri dari driver ambulan dan 2 orang perawat, sementara untuk dokter hanya ada di posko sekretariat," ungkap Priyo, Selasa, (29/10/2019)

Lebih lanjut, 12 posko yang tersebar di beberapa venue diantaranya, Sekretariat, Dinas Pendidikan, SMP Negeri 6, Aula Kantor PCNU Tuban, Universitas Sunan Bonang Tuban, SMK Negeri 2 Tuban, SMA Negeri 1 Tuban, gedung pertemuan Budaya Loka Tuban, Masjid Agung Tuban, auditorium lantai 4 SMP Bina Anak Sholeh Tuban dan di  Pendopo Krido Manunggal Tuban.

"Atau bisa call kami di 119 dan di nomor +62812-6000-119 Publik Safety Centre," ungkapnya. 

Salah satu Liaison Officer (LO) Kabupaten Ponorogo, Lidia Maryati mengatakan, ada beberapa kafilah yang sedang tidak fit dengan beberapa keluhan diantaranya,  gatal - gatal ditangan,  tenggorokan sakit dan batuk pilek. 

"Ada 3 orang  yang kurang sehat, alhamdulillah sudah tertangani dengan cepat oleh tim kesehatan," jelas ASN Kemenag Tuban ini. [nid/pur]