Lewat Jalur Laut, 5 Pengungsi Wamena Sampai Tuban

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Lima perantau asal Kabupaten Tuban yang menjadi pengungsi di Wamena, Papua,  tiba di Tuban pada, Kamis (17/10/2019) malam lalu. 

Kelima pengungsi tersebut dijemput dan dipulangkan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) dan Taruna Siaga Becanan (Tagana) Tuban.

Kasi kepahlawanan dan penanganan korban bencana, Dinsos PPPA Tuban, Chanif Kamaludin mengatakan, setelah menempuh waktu kurang lebih 8 hari, pada hari Kamis lalu. Lima perantau asal Tuban yang menjadi pengungsi di Wamena sampai di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

"Usai melakukan pendataan, mereka langsung kami bawa pulang ke Tuban," ungkap Chanif, Rabu (23/10/2019).

Ia menjelaskan, langkah penjemputan dilakukan setelah adanya koordinasi dengan tim Tagana yang berada di Wamena, koordinasi dengan Dinsos Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan OPD Pemprov.

"Setelah adanya koordinasi tersebut, kami langsung melakukan penjemputan dan pemulangan di kampung masing-masing," ungkapnya.

Lima orang tersebut, berasal dari Kecamatan Kerek, Desa Gaji dan dua di antaranya seorang anak-anak, Aldi Hermansyah (12) dan Risma Aprilia (3,5). Sedangkan, tiga lainnya Tum Indrawati, Karwi dan Rahman.  

"Kebetulan mereka semua warga Desa Gaji," ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengakuan mereka di Wamena bekerja di bidang perniagaan. "Mereka berdagang, mempunyai usaha kios," imbuhnya. [nid/col]