Hari Ini Operasi Zebra Dimulai, Berikut Sasarannya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Terhitung mulai hari ini, Rabu 23 Oktober hingga 5 November 2019, jajaran Satlantas Polres Tuban melaksanakan Operasi Zebra Semeru Tahun 2019. 

Operasi serentak yang dilakukan secara mandiri kewilayahan tersebut, bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran dan Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas), menurunkan tingkat fatalitas korban Lakalantas serta untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap dengan terbentuknya opini dan citra tertib berlalu lintas.

"Salah satu maksud dan tujuan dari operasi ini adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya," terang Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru Tahun 2019.

Dia mengimbau kepada para pengguna jalan agar selalu patuh terhadap peraturan lalu lintas. Saat berkendara di jalan raya, pengendara juga dihimbau agar melengkapi surat-surat kendaraannya. 

Kapolres menambahkan, jika sasaran Oprasi Zebra Semeru 2019 ini diprioritaskan terhadap delapan pelanggaran Lalulintas yaitu:

-Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar SNI

-Pengendara kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak menggunakan Safety Belt

-Melebihi batas kecepatan

-Mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol

-Menggunakan Handpone saat mengemudikan kendaraan

-Melawan arus lalulintas

-Serta keabsahan surat-surat kendaraan bermotor dan pengemudi