Kompensasi Perdana PHE-TEJ Diberikan Kepada 137 Warga di Desa Pakel

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE-TEJ) memberikan kompensasi atau ganti rugi tanam tumbuh lahan milik warga yang yang terdampak kegiatan Survei Seismik 3D di Balai Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kecamatan Montong, Rabu (16/10/2019) sore.

Kompensasi perdana tersebut diberikan kepada sebanyak 137 warga pemilik lahan yang terdampak kegiatan Survei Seismik 3D di wilayah Desa Pakel. Kegiatan itu turut dihadiri Camat Montong, Suwoto.

Kepala Desa Pakel, Ifa Marwatin Fadhillah menjelaskan, kompensasi ini diperuntukkan bagi warga pemilik lahan pertanian atau tanaman yang ada di wilayah Desa Pakel. Adapun jumlah penerima sebanyak 137 warga.

"Penerima kompensasi lahan pertanian yang terdampak kegiatan Surve Seismik 3D ada sebanyak 137 warga," kata Kades Pakel saat di temui di balai desa setempat.

Sementara itu, Humas PHE-TEJ, M. Ulin Najah mengutarakan, jika kompensasi ini adalah kompensasi untuk tanam tumbuh lahan milik warga yang terdampak kegiatan Surve Seismik 3D yang dilakukan oleh PHE-TEJ.

Adapun untuk nilai kompensasi bagi warga pemilik lahan pertanian atau tanaman yang terdampak kegiatan Surve Seismik 3D ini sebesar Rp3.200 permeter persegi bagi lahan produktif atau yang terdapat tanaman jagung, untuk tanaman padi kompensasinya Rp3.600 per meter persegi.

"Sedangkan, lahan Bero atau Puso (Tidak Ada Tanamannya) senilai Rp1.000 per meter persegi," jelasnya.

Dia menambahkan, selain di Desa Pakel ada empat desa lainya di wilayah Kecamatan Montong yang menjadi titik kegiatan Surve Seismik 3D. "Lima desa di Kecamatan Montong yaitu Desa Pakel, Jetak, Sumurgung, Talun, Pucangan akan dapat kompensasi," pungkas Ulin.

Sementara itu, salah satu warga Desa Pakel yang mendapatkan kompensasi, Lasidi (60) mengatakan, mendapatkan kompensasi ini lantaran tanaman jagung dilahannya terdampak kegiatan pengeboran Surve Seismik.

"Ya pak, saya tadi dapat Rp192 ribu karena tanaman jagungnya terdampak pengboran," tukasnya.[hud/col]