Selain Diruwat, Nama Sunarto Juga Diganti

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Muhammad Narto Pribadi, nama tersebut merupakan nama baru laki-laki asal Desa Gesikan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, yang pulang ke rumah usai dimakamkan oleh pihak keluarga, pada Senin (7/10/2019) kemarin.

Sebelumnya, pria yang menggegerkan warga setempat lantaran kembali ke rumah usai dimakamkan tersebut bernama Sunarto. Nama Sunarto diubah menjadi Muhammad Narto Pribadi bersamaan dengan prosesi ruwatan yang berlangsung Rabu (9/10/2019) malam.

"Prosesi ruwatan juga sekaligus mengganti nama saya menjadi Muhammad Narto Pribadi," terang Sunarto kepada wartawan.

Lebih lanjut, pria yang bekerja sebagai tukang batu tersebut mengatakan, jika prosesi ruwatan serta mengganti nama tersebut dipimpin oleh Tokoh Agama (Toga) desa setempat serta mengundang para tetangganya.

Selanjutnya, dia juga mengungkapkan akan kembali bekerja di wilayah Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Mengingat, beberapa hari ini pasca dikabarkan meninggal dan telah dimakamkan tersebut dia tidak masuk kerja.

"Ya setelah diruwat dan nama diubah saya merasa lega. Selanjutnya saya akan kembali kerja," imbuhnya.

Diketahui, prosesi ruwatan serta mengganti nama tersebut bertujuan untuk membuang sial di dalam diri Sunarto, yang mana dikira telah meninggal dunia akibat kecelakaan dan jenazahnya telah dimakamkan oleh keluarga.

Diberitakan sebelumnya, Sunarto dikira oleh keluarganya meninggal dunia akibat kecelakaan di kawasan Kecamatan Brondong. Pihak keluarga juga telah memakamkan jenazah yang dikira jenazah Sunarto tersebut.

Padahal, jenazah yang telah dimakamkan oleh keluarga Sunarto tersebut adalah jenazah Wartim (35), warga Dusun Jarum, Desa Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding yang mengalami kecelakaan di Kecamatan Brondong dan wajahnya tidak bisa dikenali lagi.

Kejadian itu terbongkar ketika Sunarto kembali ke rumah dalam keadaan sehat dan mengungkapkan jika yang meninggal adalah Wartim. Wartim mengalami kecelakaan pada Senin (7/10/2019) dini hari saat menggunakan motor milik Sunarto yang di dalam joknya terdapat identitas Sunarto. [hud/rom]