Tingkatkan Kapasitas, 120 Pengurus BUMDes Digembleng DPMD-KB

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tidak kurang dari 120 pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Tuban mengikuti Fasilitasi Pembentukan dan Pengembangan BUMDes yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan KB (DPMD-KB) Kabupaten Tuban, Selasa (8/10/2019). Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis (10/9/2019) di hotel Green Garden Tuban.

Kepala DPMD-KB Tuban, Mahmudi berharap, pengurus BUMDes yang hadir, dapat memanfaatkan kegiatan fasilitasi pembentukan dan pengembangan Bumdes tersebut. Pihaknya meminta peserta aktif sharing dengan pemateri yang sudah disiapkan.

"Sharingkan potensi desa yang ada untuk mengembangkan BUMDes di masing-masing desa panjenengan," ucapnya di acara pembukaan, Selasa siang.

Pasca fasilitasi tersebut, diharapan masing-masing BUMDes berkembang secara mandiri. Sehingga hadirnya lembaga pengelola ekonomi desa ini dapat mensejahterakan masyarakat.

"Tujuannya bisa mensejahterakan masyarakat sekitar. Sehingga pengurus pasca ini dapat mengawal dan memfasilitasi terkait anggaran DD dari desa tahun 2020," imbuhnya.

Lebih lanjut diungkapkan Mahmudi, di Tuban anggaran DD tahun depan dipastikan naik. Sebab di pusat ada kenaikan anggaran. "Di Kabupaten ada tambahan 7 miliar untuk 2020, otomatis di setiap desa DD-nya akan naik," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]