Kebakaran Semak-semak Nyaris Merembet ke Sekolah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Semak belukar di lahan kosong yang berada di samping Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Abdi Negara, Kelurahan Sidorejo, Kabupaten Tuban, Senin (7/10/2019) siang terbakar.

Sontak, api yang cepat membesar hingga mendekati bangunan sekolah tersebut membuat sejumlah pelajar dan juga guru berhamburan keluar. Beruntung, petugas PMK dari BPBD Tuban yang mendapatkan laporan kejadian tersebut langsung terjun ke lokasi untuk memadamkan api.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, kebakaran lahan yang penuh dengan semak-semak tanaman liar itu diduga dibakar oleh orang gila. Pasalnya, api pertama muncul dari pojok utara lahan milik yayasan tersebut dan jauh dari gedung SMK Abdi Negara itu.

"Saat proses belajar, tiba-tiba ada asap yang berasal dari semak-semak, semua langsung kaget. Selanjutnya, kita bersama teman-teman ikut memadamkan api," kata Maulidha, salah satu pelajar SMK Abdi Negera Kota Tuban itu.

Lebih lanjut, para pelajar di sekolah itu menambahkan, sebelum adanya kebakaran di belakang sekolah itu terlihat ada orang dengan gangguan jiwa yang berada di sekitar lokasi sekolah. Setelah tidak berselang lama, kebakaran semak-semak terjadi dan orang yang membakar itu langsung lari.

Sementara itu, kondisi cuaca yang panas dan angin kencang membuat api dengan cepat membesar hingga membakar hampir seluruh semak-semak di lahan itu. Untuk memadamkan api, sebanyak dua unit mobil PMK dari BPBD Tuban dan satu kendaraan tangki penyuplai dikerahkan.

"Kebakaran lahan kosong di samping SMK Abdi Negara Tuban terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Dan api dapat di padamkan oleh Tim Damkar BPBD Tuban," terang Emil.

Menurutnya, tidak ada korban maupun bangunan yang terbakar dalam kejadian itu. Api dapat dipadamkan oleh petugas dari tim Damkar BPBD Tuban dalam waktu sekitar 30 menit guna memastikan api benar-benar padam dan tidak ada sisa api yang masih menyala.[hud/ito]