Respon Cepat, BBWS Lakukan Jajah Telo Tanggul Bengawan Solo

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Amblesnya tanggul Sungai Bengawan Solo di Desa Sembungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jumat (27/9/2019), direspon cepat oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) terkait. Rencananya besok Sabtu (28/9/2019) mulai bertindak.

"Iya mau tinjau lokasi, alhamdulillah BBWS sudah langsung aksi," kata Camat Plumpang Saefiyudin ketika dihubungi reporter blokTuban.com melalui pesan WhatsApp.

Setelah perangkat desa, Camat Plumpang dan stakeholder terkait ke lokasi, tim Jitupasna Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban juga melakukan hal serupa. Dari hasil survei, bahwa BBWS akan melakukan jajah telo (tanah retak) pada Minggu (29/9/2019).

Adapun untuk besok Sabtu, BBWS akan mengirim material tanah untuk mengembalikan tanggul seperti sedia kala. Amblesnya tanggul di Plumpang ini terbilang tahunan saat musim kemarau.

Camat Asep biasa disapa berharap, agar segera dilakukan penanganan darurat mengingat sebentar lagi akan memasuki masa musim penghujan. Apabila tidak segera dilakukan penanganan, kondisinya akan semakin kritis dan rawan jebol. [ali/rom]