Setiajit Kembalikan Berkas Pendaftaran

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala  Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur Setiajit resmi mengembalikan berkas pendaftaran penjaringan bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) dari PDIP, Jumat (13/9/2019).

Dengan dikembalikannya berkas tersebut, Setiajit resmi mendaftar sebagai wabup. Kepastian mendaftar melalui PDIP itu dilakukan setelah  berkas diterima fungsionaris PDIP Tuban.

Hanya, pengembalian berkas itu tak dilakukan sendiri, namun diwakili Cancoko orang dekat Setiajit.

Pengembalian berkas itu diterima langsung Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP Tuban Sandy Apriyanto. Sandy didampingi sejumlah fungsionaris PDIP Tuban lainnya.

Usai menyerahkan berkas pendaftaran Setiajit, Cancoko mengatakan bahwa pengembalian berkas tersebut sebagai bukti keseriusan Setiajit untuk maju dalam pilkada Tuban 2020 mendatang.

"Beliau serius ingin maju menjadi bupati untuk lebih memajukan lagi Tuban," ujar Cancoko.

Terkait Setiajit tidak datang sendiri, Cancoko mengatakan sebagai kepala dinas Setiajit hari ini tidak bisa meninggalkan tugasnya,sehingga dia wakili.

"Tidak mengurangi rasa hormat Pak Setiajit pada kawan-kawan di PDIP. Ini hanya soal kesempatan saja," katanya.

Sementara Sandy Apriyanto mengatakan, sampai hari ini sudah ada 12 orang yang mengambil formulir. 

Namun yang mengembalikan baru empat orang. Mereka selain Setiajit adalah Adi Widodo, Eko Wahyudi dan Chamim Amir.

"Besok 14 September batas waktu terakhir pengembalian berkas pendaftaran," jelas Sandy.

Politisi asal Jatirogo ini menambahkan, setelah berkas masuk akan diteliti oleh tim di PDIP. Jika ada kekurangan berkas akan diberitahukan pada pendaftar.

"DPC ini hanya bersifat administratif saja. Semua pendaftar nanti akan diminta mengikuti mekanisme di partai. Soal rekomendasi kewenangan DPP," tandasnya.

Sekadar diketahui, Setiajit mengambil formulir pada Minggu 8 September lalu. Dia datang ke sekretariat PDIP Tuban diantar puluhan simpatisan dan pendukungnya dengan pawai motor. 

Usai mengambil formulir, Setiajit menggelar silaturrahmi dan mohon doa restu pada sejumlah wartawan yang bertugas di Tuban. 

Pertemuan di sebuah rumah makan di Tuban itu sekaligus kulanuwun Setiajit pada para wartawan.

Usai bertemu wartawan, Setiajit mendatangi para Kiai di Tuban untuk minta doa restu atas majunya dia di pilkada. 

salah satu kiai yang didatangi dan menyatakan merestui dan mendoakan Setiajit menjadi bupati Tuban selanjutnya adalah KH Noer Nasroh, pengasuh pondok pesantren Nurussalam, Gomang, Laju Lor Kecamatan Singgahan.[hud/ono]