Jemaah Haji Kloter 77 Sampai di Bumi Wali.

Reporter: Nydia Marfis

blokTuban.com - Usai menjalani rangkaian ibadah haji kurang lebih selama 43 hari lamanya, akhirnya jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 77 sebanyak 442 orang tiba di Bumi Wali, Jumat (13/9/2019) sore. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, sebanyak 442 orang dari kloter 77 telah tiba di Bumi Wali. Seluruh jemaah haji kabupaten Tuban telah sukses melaksanakan Rukun Islam yang kelima dengan baik, pelayanan dari petugas kloter, ketua regu dan ketua rombongan secara keseluruhan diberikan penilaian baik oleh jemaah haji. 

Koordinasi dan komunikasi secara intens untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah, dan setiap tahun ia berusaha untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan ibadah haji. 

"Semoga semuanya mabrur sehingga ada konsekuensi untuk meningkatkan kecerdasan individual dan kecerdasan sosial," paparnya.

Salah satu jemaah haji muda, Muhammad Sihab (27) mengatakan, bersyukur dapat menginjakkan kakinya di tanah air kembali, ibadah haji merupakan pengalaman yang tak akan terlupakan seumur hidupnya dan juga banyak pelajaran yang ia dapatkan.

"Kuncinya selalu sabar saat disana," ungkap Sihab. 

Ia menjelaskan, dapat berangkat haji di usia muda sebab ia menggantikan bapaknya yang sudah meninggal.

"Saya menggantikan bapak saya yang sudah meninggal," tandasnya. [nid/col]