Haul Sunan Bonang, Pengujung Pantai Boom Membludak

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Haul Sunan Bonang, Agenda tahunan yang diperingati setiap bulan suro (Muharrom), nampaknya membawa dampak terhadap destinasi wisata di Tuban, salah satunya Wisata Pantai Boom.

Petugas Pantai Boom, di bawah naungan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Onky mengatakan, Haul Sunan Bonang, pengujung Pantai Boom mengalami kenaikan hingga 100 kali lipat dari hari biasa.

"Biasanya sehari 100 samapi 200 pengujung,  hari ini sudah sekitar 6.000 pengujung," ungkap Ongky.

Ia menambahkan, angka tersebut masih lebih sedikit dibandingkan tahun lalu, dalam sehari saat Haul Sunan Bonang jumlah pengujung bisa mencapai 8.000.

"Ramai tahun lalu, mungkin karena kenaikan harga tiket," ungkapnya.

Lebih lanjut, memanfaatkan moment tahunan,  khusus hari ini tempat wisata yang berada di sebelah utara Alun-alun Tuban untuk harga tiket naik menjadi Rp8.000 untuk dewasa dan Rp6.000 untuk anak-anak, juga akan buka sampai pukul 24.00 Wib.

"Momentum Haul Sunan Bonang, harga naik seperti harga weekend sudah kebijakan dari atasan," ungkapnya.

Salah satu pengujung Wisata Pantai Boom asal Kota Bojonegoro, Sarning (60) mengatakan, usai ziarah ke makam Sunan Bonang ia bersama rombongan sengaja datang ke Pantai Boom untuk menikmati suasana senja di pinggir pantai. Terkait harag tiket yang naik, ia mengaku tak mempermasalahkan.

"Sesuailah antara harga dan suasananya," tandasnya. [nid/rom]