Tinjau Resi Gudang, Bupati Minta Diskoperindag Maksimalkan Pengelolaan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda meninjau tempat pengelolaan Rice Milling Unit (RMU) Sistem Resi Gudang (SRG) di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Rabu (28/8/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Tuban didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, meminta agar pengelolaan Mesin Rice Milling Unit (RMU) Sistem Resi Gudang (SRG) lebih dimaksimalkan.

"Kami ingin resi gudang ini bisa kelola dengan maksimal, karena ini sangat membantu petani baik dari segi harga gabah yang layak maupun pendapatan Diskoperindag dari resi gudang," kata Bupati Tuban.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, sidak di resi gudang ini bertujuan untuk mengetahui persis komoditas apa saja yang dibutuhkan pasca Diskoperindag menjalin Memorandum Of Understanding (MoU) dengan salah satu perusahaan untuk memasarkan produk pertanian (Palawija).

Diharapkan setelah nanti ada kepastian pasar, selain menghasilkan komoditas beras petani Tuban juga bisa berinovasi untuk menanam komoditas pertanian yang lainya. "Bila nanti ada kepastian pasar para petani akan bisa berinovasi menanam komoditas pertanian yang lain, asal semuanya menguntungkan petani," harap Bupati.

Dia menambahkan, untuk saat ini Sistem Resi Gudang telah menghasilkan produksi beras premium dengan pemasaran ke Timika, Papua. [hud/rom]